PRESIDEN JERMAN DESAK PEMERINTAH LEBIH BANYAK BANTU PENGUNGSI SURIAH

Goettingen, 19 Muharram 1435/22 November 2013 (MINA) – Presiden Jerman Joachim Gauck telah menyerukan kepada pemerintahnya pada Kamis (21/11) untuk mengambil tambahan pengungsi Suriah.

Gauck menegaskan, Jerman memiliki kapasitas untuk menyediakan bantuan kemanusiaan lebih lanjut, Anadolu Agency melaporkan yang diberitakan Mi’raj News Agency (MINA).

“Dalam menghadapi bencana kemanusiaan ini kita dapat berbuat lebih banyak,” kata Gauck selama kunjungannya ke kamp pengungsian di Friedland, utara kota Goettingen.

“Kami belum mencapai batas dari apa yang bisa kami capai, dan saya yakin bahwa pemerintah baru ini juga melihatnya seperti itu.”

Media online DW melaporkan, Gauck bertemu lebih dari puluhan pengungsi Suriah dan menawarkan perlindungan di Jerman awal tahun ini. Dia juga mendengarkan cerita-cerita pribadi mereka.

“Kami telah mendengar laporan dari rumah yang hancur, kehidupan yang hancur dan trauma. Hal ini sangat berbeda ketika Anda melihat ke wajah orang, daripada ketika Anda hanya membaca statistik,” tambahnya.

Presiden Jerman telah menggarisbawahi perlunya dukungan kuat untuk para pengungsi. Dia memuji Turki dan Yordania atas usaha mereka dengan menampung ratusan ribu warga Suriah.

Meskipun tragedi Suriah berskala besar, pemerintah Jerman telah menawarkan suaka sementara untuk 5.000 pengungsi Suriah. Sekitar 1.000 warga Suriah, sebagian besar wanita dan anak-anak, sejauh ini tiba ke negara itu.

Menurut perkiraan PBB, lebih dari 120.000 orang tewas dalam hampir tiga tahun konflik. Jutaan orang telah melarikan diri dari negara itu, sebagian besar ke negara tetangga Lebanon, Yordania dan Turki. (T/P09/P02).


Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply