RABITHAH ALAM ISLAMI ADAKAN KONFERENSI ISLAM TENTANG MEDIA

Jakarta, 17 Muharam 1435/21 November 2013 (MINA) – Rabithah Alam Islami (RAI) bekerjasama dengan Kementerian Agama (Kemenag) RI dijadwalkan mengadakan Konferensi Islam Internasional tentang Media III di Jakarta, 3-5 Desember 2013.

Sekretaris Jenderal Kemenag Bahrul Hayat mengatakan di Jakarta, Selasa (19/11), konferensi bertema Media and Social Responsibility sebagai antisipasi bagaimana dunia sangat dipengaruhi informasi media,

“Kita melihat betapa besar peran media dalam mengubah politik di Timur Tengah. Itu sangat cepat terjadi dan tidak bisa dilepaskan dari peran media,” ujar Bahrul, seperti dikutip Kantor Berita Islam MINA (Mi’raj News Agency).

Bahrul menambahkan, konferensi juga bermaksud membahas membangun kerjasama jurnalis antarnegara muslim di dunia.

Menurutnya, tema media dan tanggung jawab sosialnya dipilih atas pertimbangan peran penting yang dimainkan media dan realitas sosial, khususnya dalam 3 tahun terakhir.  

Konferensi sebelumnya, pertama tahun 1981 dan kedua tahun 2011.

Sementara itu, Ketua Panitia konferensi, Jamhari, yang juga Pembantu Rektor IV UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menambahkan, konferensi ini diharapkan menjadi ajang pertemuan para akademisi, praktisi, dan pengusaha media untuk membahas bersama tentang bagaimana membangun dan memanfaatkan media dalam pembangunan dunia Islam.

Konferensi Islam Internasional tentang media ini akan diikuti oleh 400 peserta yang terdiri dari 250 peserta nasional dan 150 peserta internasional  dari kalangan akademisi, pakar media, jurnalis, dan pengusaha media dari 53 negara.

Di antara mereka yang dijadwalkan hadir adalah Tifatul Sembiring, Menteri Komunikasi dan Informasi RI, Sheikh Saleh Abdullah Kamel, pemimpin Al-Baraka Group Saudi Arabia, Nasya Bahfin (Australia), Dahlan Iskan, Menteri Badan Usaha Milik Negara RI sekaligus pendiri Group Jawa Post media, dan H. M. Alami Musa (President of the MUIS Council).

“Dijadwalkan akan menjadi keynote speech Jusuf Kalla yang akan menyampaikan pandangannya mengenai Media and Society,” ujar Jamhari.

Beberapa sub tema yang akan dibahas dalam konferensi ini adalah: The World Media and Value-Based and Ethical Dimensions,Towards Islamic Vision of Relationship between Media and Society, Media in Muslim Society; Prospect and Challenges, dan Media in the Muslim World (examples and application).

Dalam konferensi ini juga akan dilakukan sesi parallel dengan 4 topik yang berbeda yaitu: Media Industry, Reality and Expectations (Hamdi Abulaynain/Mesir), Media in the Muslim Communities (Azyumardi Azra/Indonesia), Controlling and Rationalizing the Electronic Media (Ali Shamou/Sudan), dan Expected Media Performance in Crises and Political Instabilities (Abdulrahman Al-Shobaily). (T/R1).

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply