RUSIA TAWARKAN MESIR HELIKOPTER DAN SISTEM PERTAHANAN UDARA

Foto: AP

Kairo, 12 Muharram 1435/16 November 2013 (MINA) – Rusia menawarkan kepada Mesir helikopter modern dan sistem pertahanan udara bernilai dua Miliar US Dolar yang akan menandai kebangkitan kerjasama militer skala besar kedua belah pihak.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Rusia Sergei Lavrov dan Menteri Pertahanannya Sergei Shoigu mengunjungi Mesir pada Kamis (14/11), melanjutkan kemungkinan kerja sama dengan negara piramid setelah bantuan Amerika Serikat mulai dihentikan akibat krisis keuangan internalnya.

Lavrov menegaskan bahwa kerjasama militer dibahas dalam pembicaraan antara Shoigu dan Jenderal Abdul Fattah Al-Sisi tapi tidak memberikan rincian lebih lanjut, Ahram yang dikutip MINA (Mi’raj News Agency).

Mikhail Zavaly, seorang pejabat senior dan badan ekspor senjata Rusia Rosoboronexport yang akan memimpin perwakilannya untuk pertunjukkan udara di Dubai mendatang mengonfirmasi keinginan Rusia menjual perangkat keras militer ke Mesir.

“Sekarang kami menawarkan Mesir helikopter modern, peralatan pertahanan udara, dan modernisasi peralatan militer yang sebelumnya dibeli,” katanya kepada Kantor Berita RIA Novosti.

Lavrov, pada konferensi pers bersama Menlu sementara Mesir, Nabil Fahmy mengatakan, pembicaraan antara kedua belah pihak juga berlanjut pada peningkatan hubungan ekonomi dan perdagangan.

Sedangkan rekannya Fahmy mengatakan, “hubungan bilateral antara Rusia dan Mesir sudah tua, terutama di wilayah militer, dan ini telah dibahas oleh Menteri Pertahanan Rusia dengan mitra Mesir, kemarin”.

Lavrov menolak mengomentari perkembangan politik di Mesir, di mana militer Mesir melakukan kudeta terhadap presiden terpilih secara demokrasi Muhammad Mursi pada Juli lalu dan menempatkan ribuan pemimpin dan anggota Ikhwanul Muslimin, termasuk Mursi sendiri, di penjara sampai hari ini.

“Rusia menentang intervensi asing dalam urusan internal dan kami menghormati kedaulatan Mesir dan hak-hak rakyat Mesir untuk menentukan masa depan mereka,” katanya.(T/P03/P02)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply