SELAMA OKTOBER ISRAEL 11 KALI LAKUKAN KEKERASAN PADA WARTAWAN

Ramallah, 1 Muharram 1435/5 November 2013 (MINA) –  Sebuah laporan hak asasi manusia mengatakan pasukan penjajah Israel (IOF) melanggar hak-hak wartawan sebanyak 11 kali selama Oktober 2013.

Perkumpulan media pemuda Palestina itu mengatakan dalam sebuah laporan Ahad, tentara Israel meningkatkan serangan terhadap wartawan dan juru kamera Palestina dalam satu bulan terakhir dengan jumlah pelanggaran mencapai 11.

Dilaporkan, para wartawan diserang ketika meliput peristiwa di sekitar Tepi Barat dan Al-Quds (Yerusalem), seperti yang dilaporkan PIC dan dikutip Mi’raj News Agency (MINA).

Organisasi Palestina itu mengatakan pelanggaran yang paling serius adalah saat tentara Israel mencederai seorang reporter, terlepas dari penahanan para wartawan.

Perkumpulan  yang tidak disebutkan namanya itu meminta masyarakat dunia untuk menekan otoritas penjajah Israel  agar menghentikan serangan terhadap wartawan dan berhenti melanggar hukum internasional yang melindungi wartawan untuk melakukan pekerjaan mereka dalam meliput peristiwa.

Tidak hanya wartawan, tentara penjajah Israel mampu melakukan kekerasan terhadap warga Palestina, termasuk anak-anak dan wanita serta lansia di wilayah pendudukan Palestina di Tepi Barat dan sekitarnya.

Sehari-hari kekerasan yang terjadi dilakukan juga oleh pemukim ilegal yang kini mulai banyak menempati wilayah Palestina, seperti beberapa media setempat melaporkan.(T/P03/R2).

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Leave a Reply