WARGA AS DUKUNG KESEPAKATAN JENEWA SOAL NUKLIR IRAN

Washington, 24 Muharam 1435/28 November 2013 (MINA) – Sebuah jajak pendapat Reuters pada Selasa (26/11) menunjukkan, 44 persen warga Amerika Serikat (AS) mendukung dan 22 persen menentang kesepakatan tentang nuklir yang dicapai antara Iran dan enam kekuatan dunia di Jenewa, Swiss, Ahad (24/11).

Enam negara dunia pemegang hak veto PBB ditambah satu negara atau Kelompok 5+1, terdiri dari

Amerika Serikat, Perancis, Inggris, Rusia, Cina Plus Jerman menyepakati, Iran memiliki hak nuklir dan hak pengayaan uranium secara resmi yang diakui oleh kekuatan-kekuatan dunia.

Pengayaan uranium yang disepakati bertujuan untuk kepentingan perdamaian, bukan untuk tujuan militer.

Survei warga AS menunjukan keinginan kuat untuk menghindari keterlibatan militer AS, setelah mengalami kerugian besar pada operasi militer di Irak dan Afghanistan.

 “Ini merupakan terobosan diplomatik yang mendapat pujian warga, di tengah rendahnya pandangan warga atas intrevensu militer pemerintah selama ini,” kata pakar jajak pendapat, Ipsos Julian Clarck, lapor media Townhall seperti dikutip Mi’raj News Agency (MINA).

Clark menambahkan, jajak pendapat menunjukkan respon cukup menguntungkan bagi upaya Obama mendekati Iran.

Media Islam Times menambahkan, hasil survei menunjukkan, warga AS telah lelah dengan perang dan perang yang selama ini dilakukan pemerintah AS.

“Survei juga menyebutkan, sekitar 31 persen warga berharap lanjutan diplomasi, sementara hanya 20 persen lainnya yang menyetujui kekuakatan militer melawan Iran,” lapor Islam Times. (T/R1).

Mi’raj News Agency (MINA)

http://townhall.com/tipsheet/danieldoherty/2013/11/27/poll-twothirds-support-iran-deal-n1754157

 

http://islamtimes.org/vdccspq142bqis8.5fa2.html

 

Leave a Reply