ALIANSI NASIONAL MESIR PROTES ANTIKUDETA

Kairo, 6 Shafar 1435/9 Desember 2013 (MINA) – Aliansi Nasional untuk Mendukung Legitimasi Mesir menyerukan dalam halaman facebooknya pada Senin (9/12) untuk melakukan protes rutin mendukung usaha para Mahasiswa yang terus melakukan protes anti kudeta di Mesir.

“Dengan revolusi yang besar, kalian telah mengambil langkah-langkah maju dengan ketabahan sejarah, tanggung jawab, dan patriotisme,” kata pernyataan Aliansi merujuk para Mahasiswa yang baru-baru ini melakukan aksi protes rutin di sepanjang Kairo.

Aliansi yang menggabungkan bermacam-macam organisasi itu juga menyatakan dalam halaman resmi facebook mereka bahwa kudeta di Mesir ‘rapuh seperti jaring laba-laba’. 

Mereka juga mengungkapkan perasaan bangga akan perlawanan para Mahasiswa, termasuk dari Universitas Al-Azhar dengan mengatakan universitas Islam itu sebagai ‘Universitas Syahid’ dan  perguruan tinggi lainnya di Mesir yang hingga hari ini melakukan mogok belajar sebagai protes mereka atas kondisi politik memburuk.

Aliansi tersebut menyerukan protes dengan membawa slogan, “Mahasiswa Memimpin Revolusi”.

Setiap Jum’at, Aliansi anti kudeta itu juga melakukan rutinitas pawai mereka setelah selesai shalat Jum’at. Mereka memulai protes dari masjid-masjid dan melakukan pawai damai menolak kudeta militer atas presiden terpilih secara demokrasi Muhammad Mursi serta menuntut pembebasannya yang hingga kini masih ditahan di penjara di Alexandria.

Sejak Juli 2013, Aliansi tersebut secara konsisten melakukan protes mereka yang juga ditujukan untuk para aktivis dan anggota Ikhwanul Muslimin yang ditahan karena protes mereka kepada pemerintah sementara Mesir.(T/P03/P02)

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply