KALEIDOSKOP ASIA 2013

JANUARI

4 Januari 2013, Pemerintah RI melalui Kementrian Luar Negeri berupaya semaksimal mungkin untuk melindungi Warga Negara Indonesia (WNI) di Suriah yang saat ini sedang dilanda konflik dalam negeri,” kata Menteri Luar Negeri Indonesia, Marty Natalegawa kepada Mi’raj News Agency (MINA) di Jakarta, Jum’at (4/1).

6 Januari 2013, Direktur Pengembangan PT Bursa Efek Indonesia (BEI), Frederica Widyasari Dewi mengatakan bahwa masyarakat Indonesia menyambut positif investasi dalam bentuk syariah, situs ekonomi.lintas.me melaporkan, Sabtu.

FEBRUARI

4 Februari 2013, Ribuan warga Pakistan menggelar aksi unjuk rasa di kota Rawalpindi Senin (4/2) untuk menyerukan pentingnya persatuan kesatuan antara muslim syiah dan sunni. Menurut laporan Press TV, demonstran mengecam konspirasi asing yang hanya bertujuan untuk menciptakan perpecahan berbagai kalangan umat Islam di Pakistan.

13 Februari 2013, Cina mendesak AS untuk memperbaiki kebijakan yang mengenakan sanksi terhadap perusahaan Cina atas dugaan perdagangan mereka dengan Iran karena hal ini akan merusak hubungan Beijing dengan Washington. Juru Bicara Kementrian Luar Negeri Cina, Hua Chunying pada Senin (11/2) mengatakan, tindakan AS benar-benar telah melanggar norma-norma hubungan internasional dan merugikan kepentingan Cina.

MARET

4 Maret 2013, Sesuai dengan market share, peran asuransi syariah yang diterapkan di Indonesia baru 3,7 persen. “Banyak kendala dalam penerapan asuransi syariah di Indonesia, misalnya kurangnya sosialisasi, Sumber Daya Manusia yang sedikit dan permodalan yang kurang sehingga asuaransi syariah kurang cepat pertumbuhannya” Kata Syakir Sula, Sekjen Masyarakat Indonesia (MES) kepada Mi’raj News Agency Kamis beberapa waktu lalu (28/02).

5 Maret 2013, Pemerintah Jepang melalui kantor perwakilannya di Ramallah pada Senin (4/3) mengatakan bahwa Jepang telah menyumbangkan $ 10 juta (sekitar Rp 97 miliar) untuk program pembangunan Palestina.

APRIL

2 April 2013, Enam belas restoran di Taiwan mendapatkan sertifikat halal, menjadikan sebagai perusahaan yang dipercaya melayani dan menyediakan makanan sesuai syari’at Islam. Menurut laporan ABNA yang diterima MINA, Selasa (2/4), pemberian sertifikat halal diberikan pada sebuah acara di Taipei.

10 April 2013, Presiden All India Muslim Majlis Mushawwarat (AIMMM) mendesak PBB untuk segera campur tangan dan menekan pemerintah Myanmar untuk menghentikan penganiayaan terhadap minoritas Muslim Rohingya dan untuk menemukan solusi damai berkeadilan. Demikian berita yang dilansir ABNA yang diterima Mi’raj News Agency (MINA).

16 April 2013, Organisasi Kerjasama Islam (OKI) mendesak pemerintah Burma (Myanmar) agar mengijinkan delegasi menteri negara OKI membahas kekerasan anti-Muslim di negara Budha tersebut, On Islam melaporkan, Senin (15/4), yang dikutip Mi’raj News Agency (MINA).

MEI

7 Mei 2013,  Produk halal Market, $ 1.3tr potensi ekspor. Hal ini dinyatakan oleh Shahzada Ahsan Ashraf Shaikh, Menteri Federal, Industri dan Produksi selama pertemuannya dengan Ketua Export Processing Zones Authority (EPZA), Saadat S. Cheema di Departemen Industri dan Produksi di Islamabad, Pakistan.

16 Mei 2013, Tim SAR (Search And Rescue) telah mulai mengevakuasi puluhan Muslim Rohingya yang hilang di perairan setelah perahu mereka terbalik di Myanmar barat. Kapal yang membawa lebih dari 200 orang, tenggelam di lepas Pauktaw Township di Negara bagian Rakhine pada Senin lalu.

JUNI

9 Juni 2013, Program tahunan Our Youth (Pemuda Kami) di Arab Saudi merekrut para pemuda negara itu untuk memberdayakan mereka di berbagai bidang dalam usia muda.

28 Juni 2013, Dalam Konferensi ASEAN Social Forestry Network (ASFN) yang ke-4 dan pertemuan ASFN yang ke-7 di Laos, ASEAN menyatakan dukungannya kepada akses masyarakat dalam pengelolaan hutan.

JULI

4 Juli 2013, Wakil Perdana Menteri Iran mengatakan siap mengirim bantuan kemanusiaan ke Myanmar untuk membantu Muslim Rohingya. Dalam pertemuan dengan Wakil Menteri Luar Negeri Myanmar, Zin Yaw di Napydaw, Wakil Menteri luar Negeri Iran untuk Asia dan Pasifik, Sayyid Abbas Aroqhi menguraikan kebijakan Teheran terhadap perkembangan di dunia Islam.

17 Juli 2013, Cina melakukan pembatasan bagi Muslim Uighur dalam melaksanakan shalat di masjid dan menjalankan puasa Ramadhan, hal ini mengundang kemarahan dari kelompok hak asasi manusia. “Pembatasan tersebut diluncurkan atas nama stabilitas dan keamanan, Beijing melakukan penindasan terhadap Muslim Uighur secara terstruktur,” kata Dr Katrina Lantos Swett, Komisi AS tentang kebebasan Beragam Internasional (USCIRF).

AGUSTUS

18 Agustus 2013, Banyak mahasiswa Muslim India yang bercita-cita melanjutkan pendidikan tinggi dengan menggunakan situs internet yang menawarkan dasar mengenai universitas dan aplikasi pendidikan tinggi. Situs internet (website) MaqsoodView.com diluncurkan sebagai media pendidikan bagi yang tidak mempunyai waktu cukup untuk mengenyam pendidikan. Peluncuran tersebut termotivasi untuk memberi pengetahuan bagi komunitas Muslim di India.

28 Agustus 2013, Setidaknya delapan dari 37.000 yang melarikan diri dari tindakan kekerasan anti-Muslim di Myanmar telah meninggal saat ditahan di Thailand. Diperkirakan 37.000 Rohingya telah melarikan diri dari Myanmar ke negara-negara tetangganya sejak Januari 2013 karena kekerasan anti-Muslim di sana.

SEPTEMBER

16 September 2013, Anggota Parlemen Muslim dari Mindanao pada Senin (16/9) menyatakan keprihatinan mendalam atas kebuntuan di Zamboanga City antara pasukan Pemerintah dan Front Pembebasan Nasional- Faksi Misuari Moro. Mereka mendesak kedua belah pihak untuk mengakhiri permusuhan tidak hanya untuk warga sipil yang tidak bersalah tetapi demi kemanusiaan.

23 September 2013, Muslim di dunia mulai melakukan perjalanan haji, namun sejumlah Muslim Bangladesh mendapat kesempatan dengan jumlah haji terbatas, karena adanya pembatasan dari pemerintah Bangladesh dan Saudi. Menurut angka resmi, kuota haji Bangladesh adalah 130 ribu pada 2013, namun kuota ini tidak akan terpenuhi karena pembatasan, hambatan pemerintah dan kerusuhan politik, meninggalkan 40 ribu kuota.

OKTOBER

15 Oktober 2013, Salah satu persatuan mahasiswa Malaysia “Kelab PERKIM UniSZA” mengisi waktu liburan dengan melaksanakan Misi Kemanusiaan berbagi kebahagiaan Idul Adha 1434 dengan membagikan 35 ekor sapi dan kegiatan amal lainnya kepada muslim Kamboja kurang mampu di distrik Kampot.

12 Oktober 2013, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) John Kerry memuji Malaysia sebagai model, inovatif dan multi agama modern dunia. Tumpukan pujian AS dalam hari terakhir tur Asia Kerry di Kuala Lumpur, menganggap Malaysia sebagai sekutu Muslim yang berharga.

NOVEMBER

5 November 2013, Muslim Kashmir mengharapkan awal tahun baru Hijriah adalah awal dari perdamaian setelah dua puluh tiga tahun mengalami keamanan yang rentan.

“Saya ingin melihat Kashmir damai seperti sebelum tahun 1990,” kata Nisar Ahmad Mir, seorang pebisnis Kashmir selatan.  Menurut laporan Onislam seperti dipantau Mi’raj News Agency (MINA).

4 November 2013, Forum Tarbiyah (Fotar), International Islamic University Malaysia (IIUM) akan menyelenggakan “Konser Amal Peduli Palestina” menyambut tahun baru hijriyah 1435 H di Pusat Kegiatan Kebudayaan (CAC) IIUM, Malaysia.

DESEMBER

4 Desember 2013, Kepala Biro Politik Hamas, Khalid Misy’al mengunjungi Malaysia. Misy’al mengajak seluruh kekuatan dunia Islam bersatu menghadapi Zionis Israel yang selama ini menjajah Palestina dan menodai Masjid Al-Aqsha.

31 Desember 2013, Setelah gagal melaksanakan longmarch kemarin, aliansi 18 partai yang dipimpin Partai Nasionalis Bangladesh (BNP), mengumumkan “blokade damai” nonstop dari 1 Januari. (T/P014/P01/E1).

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Rate this article!

KALEIDOSKOP ASIA 2013,0 / 5 ( 0votes )

Leave a Reply