CHINA TINGKATKAN IMPOR MINYAK TIMUR TENGAH

Beijing, 11 Shafar 1435/14 Desember 2013 (MINA) – Kementrian Luar Negeri China pada evaluasi Oktober 2013 lalu mengatakan, China memerlukan peningkatan impor minyak mentah dari Timur tengah.

“Kerjasama energi antara China dan Timur Tengah merupakan kerjasama yang transparan dan saling menguntungkan kedua belah pihak,” kata Hua Chunying, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China, seperti dimuat pada media Chinadaily, yang dikutip Mi’raj News Agency (MINA).

“Sebagai anggota tetap Dewan Keamanan PBB, China selalu memainkan peran positif dan konstruktif dalam perdamaian, keamanan, pembangunan dan kesejahteraan di Timur Tengah”, tambah juru bicara tersebut.

Pertumbuhan kebutuhan energi di China diberitakan telah mengalahkan Amerika Serikat dalam importir minyak dunia .

Sebuah laporan yang dirilis oleh Administrasi Informasi Energi AS EIA (The US Energy Information Administration) menyebutkan, China akan mempertahankan posisi teratas importir minyak mentah sampai dengan 2014.

Negara di kawasan Asia termasuk China dilaporkan telah mengimpor minyak mentah dari Timur Tengah sekitar 83 juta metrik ton (91.490.000 ton) minyak mentah dari Timur Tengah dalam tujuh bulan pertama tahun 2013.

Tahun 2011 China mengimpor 2,9 juta barel per hari minyak Timur Tengah, yang menyumbang 60 persen dari impor minyak China.

Sebagai perbandingan, Amerika Serikat mengimpor 2,5 juta barel per hari minyak dari Timur Tengah pada tahun yang sama, atau sekitar 26 persen dari impor minyak AS.

Media setempat Chinadaily menyebutkan, China terus mempertahankan perdagangan tersebut dan  berusaha mempromosikan perdamaian dan pembangunan di Timur Tengah. (T/R1/R2).

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply