HANIYAH: 2014 AKAN JADI TAHUN REKONSILIASI NASIONAL

Gaza, 29 Shafar 1435/1 januari 2013 (MINA) – Perdana Menteri Palestina Ismail Haniyah mengatakan 2014 akan menjadi tahun rekonsiliasi nasional Palestina, menegaskan pemerintahnya akan mengambil langkah-langkah yang lebih praktis mendatang.

Haniyah  mengatakan hal  tersebut dalam konferensi “Tantangan Konfrontasi dan Media Palestina” yang diadakan pada Selasa (31/12) oleh kementerian informasi di Gaza.

Perdana menteri Palestina tersebut menegaskan kembali penolakannya terkait pembicaraan damai dengan negara penjajah Israel dan memperingatkan negosiasi itu menimbulkan ancaman terhadap hak-hak Palestina, Palestinian Information Center yang dikutip MINA (Mi’raj News Agency) melaporkan.

Dia juga memperingatkan solusi yang diajukan Menteri Luar Negeri John Kerry merugikan perjuangan Palestina, dimana  orang paling berpengaruh di Jalur Gaza ini menyerukan  pembangunan strategi nasional kembali guna melindungi hak-hak nasional warga.

Terkait hal lain, Haniya mengucapkan selamat kepada para tahanan Palestina yang dibebaskan tadi malam, namun menekankan kebebasan mereka tidak boleh  ditukarkan  demi perluasan permukiman ilegal Israel.

Dia juga mengucapkan selamat kepada faksi Fatah pada peringatan hari ulang tahunnya, dan menegaskan pemerintah setuju membiarkan Fatah mengatur  perayaannya di Gaza terlepas dari apa yang terjadi pada Hamas di Tepi Barat.(T/P03/R2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply