INDONESIA – MALAYSIA TERUS PERKUAT KERJASAMA BILATERAL

Jakarta, 29 Muharram 1435/2 Desember 2013 (MINA) – Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Indonesia, menyelenggarakan pertemuan Komisi Bersama ke-13 antara Indonesia dan Malaysia dipimpin oleh menteri luar negeri kedua negara untuk terus memperkuat kerjasama bilateral.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Indonesia, R.M. Marty Natalegawa dan Menlu Malaysia, Dato’ Sri Anifah Haji Aman menyatakan gembira dengan capaian di berbagai bidang kerja sama bilateral antara kedua negara.

Dalam rilis laman resmi Kemlu yang dikutip Mi’raj News Agency (MINA), Pertemuan Komisi Bersama itu merupakan forum pertemuan bilateral yang membahas berbagai macam isu di berbagai sektor.

Pertemuan Komisi Bersama juga menjadi salah satu mekanisme utama untuk peningkatan hubungan kedua negara ke tataran yang lebih tinggi.

Dalam pertemuan Komisi Bersama ke-13 yang diadakan di Kantor Kementerian Luar Negeri, Jakarta, (2/12) itu, kedua Menlu telah membahas isu-isu kerja sama bilateral, mulai dari isu perbatasan, kerja sama bidang perdagangan, investasi dan pariwisata, kerja sama kekonsuleran, isu polusi asap serta kerja sama di bidang sosial budaya, khususnya bidang pendidikan. 

Kedua Menlu juga berkesempatan untuk bertukar pikiran mengenai berbagai isu kawasan dan global.

Selain itu, juga membahas persiapan Annual Consultation yang ke-10 antara kedua kepala negara, yang rencananya dilakukan 19 Desember 2013 mendatang di Jakarta.

Di bidang perbatasan, kedua Menlu mendorong dan menyambut baik percepatan negosiasi batas darat maupun maritim kedua negara. Sedangkan di bidang ekonomi, kedua negara antara lain sepakat untuk mencapai neraca perdagangan yang lebih berimbang dan untuk bekerja sama mempromosikan minyak kelapa sawit di pasar global.

Kedua negara juga akan bekerja sama lebih erat lagi dalam hal kekonsuleran, termasuk dalam hal menangani tenaga kerja Indonesia di Malaysia. Di bidang sosial dan budaya, kedua negara sepakat meningkatkan kerja sama dalam menyediakan akses pendidikan kepada keturunan Warga Negara Indonesia (WNI) di Sabah.

Dalam pertemuan tersebut, kedua Menlu menyatakan kepuasannya atas capaian-capaian berbagai bidang kerja sama bilateral satu tahun terakhir. Kedua Menlu juga sepakat untuk lebih meningkatkan lagi hubungan bilateral kedua negara di masa mendatang.(T/P014/P02)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Leave a Reply