INDUSTRI PRODUK HALAL DI RUSIA MAKIN PESAT

Moskow, 21 Shafar 1435/24 Desember 2013 (MINA) – Industri produk halal semakin berkembang pesat di Rusia, dengan semakin bertambahnya jumlah penduduk muslim dan meningjatkan permintaan produk sertifikasi halal.

“Industri produk makanan halal berkembang dua kali lipat di Rusia” kata Madina Kalimullina, direktur Departemen Dewan Ekonomi Rusia seperti diberitakan On-Islam Senin (23/12), yang dikutip Mi’raj News Agency (MINA).

“Setiap tahun lebih dari 40 perusahaan mengajukan sertifikasi halal di berbagai bidang produksi,” tambahnya.

Selama tiga tahun terakhir, muslim Rusia mendesak pejabat terkait untuk mengeluarkan standar umum produksi makanan halal.

“Saat ini tahapan pengembangan industri produk halal berkaitan dengan badan-badan sertifikasi halal,” ujar kalimulina, yang juga Direktur Moskow Halal Expo.

Upaya standardisasi produk halal lembaga negara-negara Islam sejak 2011 semakin berkembang memberikan hasil positif untuk masyarakat. 

Menurut Kalimulina, sebenarnya Organisasi Kerjasama Islam (OKI) memiliki suara untuk menyeragamkan standar sertifikasi halal.

“Umat Islam di seluruh dunia semakin menyadari betapa pentingnya pengembangan produksi halal, perdagangan dan investasi muslim,” tambahnya.

Menurutnya, saat ini bukan hanya barang, jasa juga perlu mendapatkan sertifikasi halal, termasuk kosmetik, pakaian farmasi dan jasa keuangan,” imbuhnya. (T/P010/R1). 

MINA (Mi’raj News Agency)

 

Leave a Reply