ISRAEL BUKA BENDUNGAN, BANJIR LANDA JALUR GAZA

Gaza city, 14 Shafar 1435/17 Desember 2013 (MINA) – Puluhan rumah dan ratusan orang kehilangan tempat tinggal akibat banjir yang melanda jalur Gaza. Banjir tersebut terjadi karena Israel membuka bendungan Wadi Sofa di timur Rafah, Gaza selatan.

Kepala Kantor Informasi pemerintah Gaza, Ihab Al – Ghusain mengatakan tim pertahanan sipil lokal telah bekerja untuk mengevakuasi rumah yang terkena banjir.

Walikota Rafah, Issa Nashar mengkonfirmasi insiden itu pada hari Ahad lalu. Israel memang membuka bendungan yang menyebabkan tenggelamnya daerah-daerah di sekitar hingga ketinggian mencapai 1 meter, lapor Middle East Monitor yang diberitakan MINA (Mi’raj News Agency).

Banjir terjadi setelah badai juga melanda jalur Gaza, insiden tersebut belum pernah terjadi pada tahun-tahun sebelumnya.

Di Jalur Gaza, setidaknya satu orang dilaporkan meninggal akibat kondisi cuaca tersebut dan hampir 5.000 warga berlindung di bangunan-bangunan publik karena rumah mereka tidak bisa dihuni lagi.

Sebelumnya, Israel mengumumkan pada Otoritas Palestina pada Ahad malam bahwa mereka berencana akan  memotong jaringan listrik di sekitarnya Ramallah.

Mereka melakukannya dengan dalih memperbaiki jaringan listrik di sepanjang Route 60, yaitu jalan yang menghubungkan pemukiman utara dan selatan Tepi Barat.

Israel mengaku, jaringan listrik Israel mengalami kerusakan parah, terutama di daerah pemukiman Tepi Barat, kerusakan tersebut terjadi karenan badai musim dingin yang melanda wilayah tersebut selama lima hari terakhir.

Kru pemeliharaan listrik Israel mengklaim telah bekerja  memulihkan listrik ke daerah-daerah yang dihuni oleh pemukim di Tepi Barat bagian utara itu. Namun hal itu mengakibatkan tidak adanya aliran listrik ke Gaza selama berhari-hari. (T/P015/P04).

Miraj News agency (MINA)

 

Leave a Reply