KALEIDOSKOP PALESTINA DAN AL-AQSHA 2013

JANUARI 

 1 Januari :Delegasi Turki terdiri dari penasihat senior Perdana Menteri Turki Avkan Ala, Penasihat Perdana Menteri Turki Safer Turan dan tokoh Turki lainnya berkunjung Masjid Al-Aqsha Palestina untuk menindaklanjuti pekerjaan renovasi Al-Aqsha.

 3 Januari : Departemen Urusan Pengungsian Hamas mengumumkan peluncuran situs berbahasa Inggris beralamat www.drah.ps. untuk menyampaikan suara pengungsi Palestina ke medi dan dunia internasional.

 4 Januari : Ratusan ribu pendukung Fatah berkumpul di di lapangan Al-Saraya Gaza City, merayakan hari jadi ke-48 Fatah, pertama kali dilakukan di Gaza.

6 Januari : Presiden Palestina Mahmud Abbas menginstruksikan secara resmi penggunaan Negara Palestina  menggantikan Otoritas Palestina, dalam dokumen resmi seperti : paspor, kartu tanda penduduk,kartu pers, surat izin mengemudi dan perangko.

6 Januari 2013, Menjelang kampanye pemilihan umum Israel 22 Januari 2013, penjajah Israel memaksakan pemberlakuan pajak, membongkar rumah dan merampas tanah warga Palestina di kota Al-Quds dan sekitar Masjid Al-Aqsha.

9 Januari : Menteri Pemuda, Olahraga dan Kebudayaan Palestina di Jalur Gaza, Dr. Mohammed Ibrahim Al-Madhoun mendukung berdirinya Kantor Berita Islam MINA (Mi’raj News Agency) berpusat di Jakarta, yang menyuarakan perjuangan Palestina dan dunia Islam.

11 Januari : Hujan es turun di Jalur Gaza, namun 28 relawan kemanusiaan Indonesia, yang baru pertama kali mengalami hal itu, tetap melanjutkan pembangunan Rumah Sakit Indonesia.

13 Januari : Wawancara eksklusif wartawan MINA (Mi’raj News Agency) dengan Duta Besar Palestina untuk Indonesia Faris Navi Mehdawi di Surabaya. Mehdawi menyatakan hanya ada satu negara yaitu Palestina.

13 Januari : Menteri Pemuda dan Olahraga Mesir, Amiri Farouq beserta 70 delegasi olahraga berkunjung ke Gaza diterima Perdana Menteri Ismail Haniyah.

14 Januari : Delegsi Asosiasi Pengacara Internasional (International Lawyers’ Association/ILA), berpusat di Turki, melakukan kunjungan ke Gaza dalam rangka mengumpulkan bukti kejahatan Israel di Gaza.

17 Januari : Delegasi Fatah dipimpin Azzam Al-Ahmad dan delegasi Hamas dipimpin Musa Abu Marzuq mengadakan pertemuan lanjutan rekonsilisasi di Kairo, menyusun draft pembentukan komite kerja pemilihan umum dan pemerintahan nasional bersama.

FEBRUARI

1 Februari 2013, Kementerian Luar Negeri Zionis Israel meluncurkan film rekayasa yang menunjukkan penghancuran salah satu bangunan di lingkungan Masjid Al-Aqsha, Kubah Batu (Dome of the Rock) dan pembentukan Kuil dimana penjajah Zionis Yahudi mengklaim berada di atas Al-Aqsha.

15 Februari :Lembaga Palestina untuk Hak Tahanan Palestina WAED mengungkapkan bocoran dari dalam tahanan bahwa Israel memasang alat radiasi perusak kesehatan di dalam penjara-penjara Israel.

18 Februari 2013 – Seorang Imam dan Khatib Masjid Al-Aqsha yang berada di Al-Quds (Yerusalem), Palestina, Syeikh Ikrima Sabri memberi fatwa melarang siapapun menerima kewarganegaraan Israel.

Dalam khutbah Jum’at yang disampaikannya di Masjid Al-Aqsha, Syeikh Ikrima Sabri menyatakan, pertempuran melawan penjajah Israel memiliki aspek demografis, sehingga memperoleh kewarganegaraan Israel berkontribusi dalam meningkatkan jumlah penduduk Israel. Hal ini dianggap sebagai upaya mendukung penjajahan dan pengakuan Israel. Sementara pada saat yang sama akan melemahkan posisi penduduk asli yang berada di Al-Quds.

18 Februari  :Pengelola Terowongan Gaza Hai’ah Al-Hudud di Perbatasan Gaza-Mesir mengemukakan, tidak semua terowongan di Jalur Gaza ditutup, seperti diberitakan beberapa media, katanya kepada Muhammad Husein, wartawan Mi’raj News Agency (MINA) yang menemuninya di lokasi perbatasan Gaza.

23 Februari : Media Timur Tengah mengungkapkan, Israel mengambil keuntungan di balik  krisis Suriah dengan mengundang perusahaan energi AS untuk mengeksplorasi ladang minyak di Dataran Tinggi Golan dalam upaya memantapkan cengkeramannya di daerah tersebut.

24 Februari : Lebih dari 300 aktivis hak asasi manusia, peneliti, ahli strategi dan analisis politik berbagai negara, menghadiri konferensi Konsekuensi dan Prospek Masa Depan, Pasca Perang di Gaza, di Gaza City.

MARET

1 Maret 2013, Israel menyelenggarakan “Marathon Al-Quds” dari kantor parlemen (Knesset) Israel dan Museum Israel. Sekitar 1.700 peserta dari 52 negara dan 17.000 peserta dari daerah Palestina yang dijajah Israel berpartisipasi dalam acara Marathon itu.

Sementara itu, Mufti Besar Al-Quds, Syeikh Muhammad Hussein mengecam lomba marathon yang dilakukan penjajah Israel itu karena penjajah Israel sengaja melintasi jalur milik warga Palestina dan menggunakan situs keagamaan dan tempat bersejarah di Al-Quds sebagai propaganda untuk memutarbalikkan fakta dengan tujuan menghapus karakter Arab dan Islam di kota tua itu. 

2 Maret :Delegasi Parlemen Eropa yang tergabung dalam Dewan Hubungan Palestina-Eropa (Council for European Palestinian Relations/CEPR), mendesk Israel segera membebaskan Samer Al-Issawi dan para tahanan mogok makan lainnya yang berada di penjara-penjara Israel.

3 Maret :  Wawancara eksklusif wartawan MINA (Mi’raj News Agency) dengan Mantan Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad di Kuala Lumpur. Mahathir mengatakan, perjuangan rakyat Palestina harus disertai dengan peningkatan keahlian, ilmu dan persatuan dalam negeri Palestina.

5 Maret : Palestina membentuk komite guna mendaftarkan situs-situs budaya ke badan PBB Bidang Perlindungan Budaya Dunia UNESCO.

7 Maret : Badan  Internasional PBB yang mengurusi  Anak-Anak UNICEF melaporkan, 15.000 anak Palestina  dalam tahanan Israel mengalami penganiayaan tidak manusawi.

17 Maret 2013, Polisi Israel kembali memberlakukan pembatasan bagi umat muslim di bawah umur 50 tahun dilarang memasuki Masjid Al-Aqsha untuk melakukan shalat Jum’at. Israel hanya membolehkan laki-laki berusia di atas 50 tahun, dengan kartu identitas biru (penduduk Al-Quds/Yerusalem) memasuki Masjid Al-Aqsha.

19 Maret : Wawancara eksklusif wartawan MINA (Mi’raj News Agency) dengan Ayman Sharawna (38), tahanan Palestina yang baru keluar dari penjara Israel tanpa alasan jelas.

27 Maret : Kelompok hacker tanpa nama (anonymous) berhasil menyusup ke situs agen mata-mata Israel Mossad dan memperoleh akses lebih dari 30.000 pejabat Israel.

28 Maret : Wawancara ekskusif wartawan Mi’raj News Agency (MINA) dengan Syeikh Dr Abdurrahman Yusuf Al-Jamal, Wakil Ketua Parlemen Palestina di Jalur Gaza tentang kewajiban umat Islam membela Al-Aqsha.

31 Maret : Presiden Palestina Mahmoud Abbas bertemu Raja Yordania Abdullah II bin Al-Hussein, untuk kerjasama pertahanan menyelamatkan Masjid Al-Aqsha dan situs-situs bersejarah di Al-Quds.

31 Maret : Sekretaris Jenderal Dewan Tertinggi Urusan Islam di Mesir,  Dr. Shalah Sulthan mengatakan pada peringatan Hari Bumi Palestina, tentang keharusan media Islam berperan menyampaikan permasalahan Palestina.

APRIL

1 April : Hamas resmi memilih kembali Khaled Meshaal sebagai pemimpin tertinggi Hamas.

2 April : Konferensi Keamanan Nasional Palestina di Gaza menyerukan mengaktifkan perlawanan bersenjata  menghadapi  Israel.

4 April : Uskup Agung Palestina Atallah Hanna memimpin aksi demonstrasi di kota Al-Quds mengecam Israel atas kematian warga Hebron.

5 April : Pusat Statistik Palestina (Palestinian Central Bureau of Statistics/PCBS) pada Peringatan Hari Anak melaporkan, jumlah anak-anak di bawah usia 18 tahun berjumlah 2,04 juta dari total 4.290.000 penduduk Palestina di Tepi Barat dan Jalur Gaza.

6 April : Hamas menangkap mata-mata dari Amerika Serikat, Inggris, Perancis dan Jerman yang beroperasi di Gaza.

7 April 2013, Penjajah Israel merencakan pembangunan taman Talmud di sisi timur Masjid Al-Aqsha Palestina dilengkapi jaringan infrastruktur di lahan tanah milik warga Palestina di Issawiyah, Tur dan Anata.

10 April : Perdana Menteri Palestina Salam Fayyad mengajukan pengunduran dirinya kepada Presiden Palestina Mahmoud Abbas.

22 April : Rombongan petinggi Hamas mengunjungi relawan Indonesia yang sedang membangun Rumah Sakit Indonesia (RSI) di Gaza Palestina.

24 April 2013, Pasukan penjajah Israel menghancurkan puluhan bangunan perumahan milik warga Palestina di Al-Quds (Yerusalem) Timur.

25 April : Mantan Menteri Luar Negeri Israel, Avigdor Lieberman disidang atas tuduhan korupsi  dan pelanggaran etika.

26 April : Militer Israel mengakui menggunakan bom fosfor putih dalam operasi militer di Gaza tahun  2008-2009.

28 April : Israel kembali melakukan serangan ke beberapa wilayah Jalur Gaza, Palestina pasca genjatan sejata pada November 2012 lalu. 

MEI

7 Mei 2013, Kelompok ekstremis Yahudi telah menyerukan para pemukim ekstrimis Yahudi untuk berkumpul di sekitar masjid Al-Aqsha dan menyerbu kompleks kiblat pertama umat Islam itu.

8 Mei :  Fisikawan terkemuka Stephen Hawking (71), menarik diri sebagai pembicara dalam konferensi yang diselenggarakan Presiden Israel Shimon Peres bentuk protes perlakuan Israel terhadap Palestina.

8 Mei : Delegasi Parlemen Bahrain dipimpin Ketuanya Syaikh Khalifa bin Ahmed al-Dhahrani berkunjung menemui Perdana Menteri Palestina Ismail Haniyah di Jalur Gaza.

8 Mei : Polisi Israel menangkap Mufti Agung Yerusalem Mohammed Ahmad Hussein rumahnya, di Al-Quds.

9 Mei : Perdana Menteri Palestina Ismail Haniyah memberikan paspor diplomatik kepada Syaikh Yusuf Al-Qaradhawi dalam kunjungannya ke Jalur Gaza.

10 Mei : Ulama terkemuka Syaikh Yusuf Al-Qaradhawi (87) menerima bendera (liwa) perjuangan berwarna hitam bertuliskan “Allahu Akbar” lambang perjuangan pembebasan Al-Aqsha, dari relawan Indonesia yang berada di Jalur Gaza.     

10 Mei 2013, Ketua Asosiasi Ulama Muslim Dunia Prof. Dr. Syaikh Yusuf Al-Qaradhawi (87) khutbah Jumat di Masjid Jami’ al-‘Umari al-Kabir (Masjid Jami’ Umari) Distrik Daraj, Jalur Gaza, Palestina, menyerukan fatwa kepada umat Islam untuk memfokuskan perjuangannya membebaskan Masjid Al-Aqsha dan Palestina secara berjamaah.

15 Mei : Puluhan pemukim Yahudi menyerbu Masjid Al-Aqsha melalui gerbang Maghribi pada peringatan Hari Nakbah ke-65.

28 Mei 2013, Polisi Israel menangkap seorang penjaga Masjid Al-Aqsha, Samer Qweider, setelah ia mencoba untuk menghentikan sekelompok pemukiman Yahudi untuk tidak melakukan ritual keagamaan mereka di kiblat pertama umat Islam itu.

JUNI

3 Juni : Presiden Palestina Mahmoud Abbas menunjuk akademisi Rami Hamdullah sebagai perdana menteri baru, menggantikan perdana menteri sebelumnya Salam Fayyad.

4 Juni 2013, Israel memaksakan kedaulatan penuh pada Masjid Aqsha di kota Al-Quds dengan mengesahkan rencana pembagian Masjid Al-Aqsha menjadi dua bagian, untuk Muslim dan Yahudi.

4 Juni : Para pemimpin kelompok perjuangan Hamas dan Fatah melanjutkan pertemuan rekonsiliasi di Kota Gaza membahas sejumlah poin pembentukan pemerintahan persatuan Palestina.

5 Juni   : Aktivis pergerakan Islam di Jalur Gaza Syaikh Dr. Nabil Al-Halabi menyatakan dalam aksi memperingati 92 tahun tragedi runtuhnya khilafah Turki Utsmani, kejayaan umat Islam bangkit bersama tegaknya khilafah.

6 Juni : Iqbal Asa’d (20) dokter muslimat termuda asal Palestina

7 Juni : Wakil Pimpinan Gerakan Islam Palestina Syeikh Kamal Khatib mengatakan, aksi serentak Global March to Jerusalem (GMJ) menuju pembebasan Al-Aqsha bertepatan dengan peringatan Hari Naksah (Hari Kemunduran), yaitu hari kekalahan dalam Perang Enam Hari 5-10 Juni 1967.

7 Juni 2013, Aksi serentak Global March to Jerusalem (GMJ) diselenggarakan di seluruh dunia untuk menggentarkan Zionis Israel dan menyongsong pembebasan Al-Aqsha.

21 Juni : Perdana Menteri Palestina yang baru diangkat Rami Hamdallah secara resmi mengajukan pengunduran dirinya kepada Presiden Palestina Mahmoud Abbas.

24 Juni : Rafah kembali perketat perbatasan, hanya 50 orang per hari yang boleh melintasi perbatasan ini.

25 Juni 2013, Israel mulai melakukan kembali penggalian di sekitar Masjid Al-Aqsha di tiga lokasi. Lokasi penggalian pertama berada di sisi selatan Gerbang jalan Al-Maghariba; lokasi kedua adalah di sisi timur Istana Umayyah, sebelah selatan Masjid Al-Aqsha; dan lokasi ketiga berada di sisi selatan pintu masuk menuju lingkungan lembah Hilwa (Wadi Hilwa).

JULI

6 Juli : Sehari setelah militer menggulingkan Presiden Morsi, tentara Mesir menutup hampir seluruh terowongan yang mengarah dari Mesir ke Jalur Gaza.

8 Juli : Militer Mesir menutup akses bandara El-Arish Mesir dan pintu perbatasan Rafah, sekitar 900 jamaah umrah dari Gaza terpaksa tertahan di Arab Saudi dan 766 warga Gaza yang akan umrah dibatalkan karena pintu perbatasan Rafah ditutup militer Mesir.

12 Juli 2013 – Sekitar 200.000 warga Palestina menuju masjid Al-Aqsha untuk melakukan shalat Jum’at pertama pada Ramadhan 1434. Warga yang hadir juga membawa spanduk bergambar Mursi dan bendera Mesir menunjukkan dukungan mereka terhadap presiden yang dikudeta 8 Juli 2013. Pada pekan kedua Ramadhan, sekitar 350 ribu jamaah muslim memenuhi Masjid Al-Aqsha.

18 Juli  : Presiden Palestina Mahmoud Abbas mengadakan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri AS, John Kerry di Amman, Yordania, membahas kemungkinan pembicaraan damai dengan Israel.

20 Juli : Sekitar 350 ribu jamaah muslim melakukan shalat pada Jumat pekan kedua Ramadhan di Masjid Al-Aqsha.

21 Juli 2013 – Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu memimpin kampanye pariwisata provokatif langsung maupun tidak langsung ke Masjid Al-Aqsha dengan ikut mengambil bagian dalam program TV Amerika untuk mempromosikan pariwisata provokatif ke kota Al-Quds dan terowongan serta penggalian yang terus dilakukan di bawah Masjid Al-Aqsha.

23 Juli :  Perdana Menteri Palestina Ismail Haniyah berkunjung ke Rumah Sakit Indonesia (RSI) di Gaza

AGUSTUS

2 Agustus 2013, Warga Mesir, Palestina, dan Arab melakukan  pawai  di sepanjang jalan dari Abdel Moneim Riad Square, di Kairo bersamaan dengan demonstrasi di Palestina dan di negara-negara lain di seluruh dunia untuk memperingati Hari al-Quds (Yerusalem Day).

20 Agustus 2013 – suatu area dekat tembok sebelah barat Masjid Al-Aqsha di kota Al-Quds Palestina runtuh akibat aktivitas penggalian  Israel yang menghubungkan akses menuju tembok sebelah barat Masjid Al-Aqsha, tembok Al-Buraq yang menurut klaim Israel bernama tembok ratapan tempat umat yahudi untuk melaksanakan ritualnya. Runtuhnya area dekat tembok barat kiblat pertama umat Islam itu merupakan keruntuhan yang  kedua kalinya pada tempat yang sama dalam kurun waktu lima tahun terakhir.

SEPTEMBER

25 September 2013, Sejumlah besar pasukan polisi dan militer penjajah Israel menyerbu Masjid Al-Aqsha dan menembakkan gas air mata dan granat kejut pada jamaah muslim Palestina yang sedang berada di dalam kompleks masjid itu sehingga Puluhan warga Palestina juga menderita luka-luka dan sesak napas akibat menghirup gas air mata dan menerima perawatan medis dari petugas medis setempat.

26 September 2013, Sejumlah anggota parlemen dan pemimpin gerakan Palestina di Jalur Gaza mengambil bagian dalam demonstrasi mengutuk penodaan Israel terhadap Masjid Al-Aqsha dan menolak klaim Yahudi memiliki hak agama di dalamnya.

OKTOBER

1 Oktober 2013, Komite Al-Quds untuk Persatuan Kedokteran Arab mendesak Liga Arab untuk melaksanakan kampanye menyampaikan informasi pentingnya mendukung Masjid Al-Aqsha dan melindungi warisan Arab dan Islam di Kota Al-Quds, Palestina.

15 Oktober 2013, Pemukim ekstrimis Yahudi  melakukan penyerbuan ke area Masjid Al-Aqsha di mana mereka melakukan ritual rutin dan mengibarkan bendera Israel di lapangan masjid.

NOVEMBER

21 November 2013, Warga Palestina yang tinggal di dekat Masjid Al-Aqsha resah karena rumah mereka mengalami keretakan cukup besar akibat penggalian Israel di sekitar Masjid Al-Aqsha.

27 November 2013, Sebuah stasiun televisi Israel melaporkan, otoritas penjajah Israel telah membuka sebuah museum baru di bawah Masjid Al-Aqsha.

29 November 2013, Para pemukim dikawal pasukan keamanan Israel memasuki pelataran Al-Aqsha untuk ritual talmud selama Hanukkah (Festival of Lights).

DESEMBER

9 Desember 2013, Melalui pidato Wakil Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Abdul Aziz Bin Abdullah dalam pertemuan Dewan Menteri dari Organisasi Kerjasama Islam (OKI) di Conakry-Guinea, Pemerintah Kerajaan Arab Saudi mendesak negara-negara Arab dan Islam melindungi Masjid Al-Aqsha mengingat bahwa pelanggaran penjajah Israel terhadap Al-Quds (Yerusalem) mengharuskan pengambilan sikap tegas dalam menyelamatkan Masjid Al-Aqsha dari Yahudisasi.

10 Desember 2013, Para menteri luar negeri anggota Organisasi Kerjasama Islam (OKI) membahas rekomendasi selama pertemuan mereka di Conakry, Guinea untuk memutuskan hubungan diplomatik dengan negara-negara yang mengakui kota Al-Quds (Yerusalem) sebagai ibukota Israel atau memindahkan kedutaan mereka ke sana. (T/P02/R1/P01/E1).

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Leave a Reply