KALEIDOSKOP EKONOMI 2013

JANUARI

18 Januari 2013, Perkembangan pasar modal syariah di Indonesia terus bekembang seiring berkembangnya investor yang bergabung di Bursa Efek Indonesia (BEI), investor pasar modal ini berkembang sangat pesat selama akhir 2012 dibandingkan pada tahun 2011. pasar modal syariah pada tahun 2012 menyumbangkan keungan yang paling tinggi mencapai 55 persen dibanding tahun lalu, perbankan syariah 33 persen dan asuransi 22 persen.

FEBRUARI

2 Februari 2013, Harga minyak melonjak ke level tertinggi selama tiga bulan terakhir di tengah ketegangan politik yang meningkat di Timur Tengah, khususnya setelah serangan udara Israel terhadap Suriah.

MARET

29 Maret 2013, Industri perbankan syariah menghadapi tantangan ekonomi global dengan pertumbuhan aset perbankan syariah yang semakin naik dan berkembang pesat pada tahun 2013 serta beberapa tahun mendatang. 

APRIL

24 April 2013, Praktisi perbankan asal Yordania, Abdul Jalil Zuhair Dhomroh pada acara konferensio Islam Internasional dengan tema peradaban dan perdamian di Jakarta (24/4) bahwa  Agama Islam memberikan perhatian serius terhadap kemiskinan dan dalam syariatnya Islam memberikan solusi terbaik untuk mengatasi kemiskinan umatnya.

MEI

17 Mei 2013, Investor BUMN (Badan Usaha Milik Negara) harus lebih bersinergi membangun perekonomian nasional dengan bekerjasama berbagai pihak sehinggaa terwujudnya kemudahan dalam berinvestasi.

JUNI

16 Juni 2013, Indonesia dengan mayoritas Muslim terbesar harus menjaga produk-produk halal yang telah didistribusikan sesuai kebutuhan masyarakat Muslim Indonesia, kata Maksum Mahfuz, Ketua PBNUpada acara Konferensi  hulu hilir dengan tema “Kembalikan Indonesia yang kuat dan bermartabat dengan kebangkitan produk halal yang kian dekat.”

JULI

19 Juli 2013, Detroit menjadi kota terbesar di Amerika Serikat (AS) dalam sejarah negara itu yang mengajukan kebangkrutan setelah dekade penurunan dan kesalahan manajemen yang dilakukan kota tersebut. Kondisi kota terbesar keempat di AS itu, menyebabkan penduduk Detroit menyusut dari 1,8 juta penduduk pada tahun 1950 menjadi 685.000 orang saat ini, karena kejahatan, penerbangan ke pinggiran kota dan penurunan industri pembuatan mobil memakan yayasan dan keuangan.

AGUSTUS

30 Agustus 2013, Wakil Menteri Agama (Wamenag), Nasaruddin Umar mengatakan bahwa pandangan pelaksanaan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) Nasional XXII sebagai pemborosan tidaklah tepat. Karena terbukti kompetisi membaca Al-Qur’an di tingkat nasional itu justru mendorong transaksi ekonomi loKal.

SEPTEMBER

9 September 2013, Konferensi Internasional Ekonomi dan Keuangan Islam (ICIEF) Kesembilan dimulai Senin (9/9) di Turki Istanbul dengan diikuti akademisi Turki dan direktur lembaga luar negeri terkait.

OKTOBER

8 Oktober 2013, Dari hasil penelitian komprehensif pertama dampak potensial dari ‘tanah terbatas’ (Palestina), Bank Dunia merilis laporan pada Selasa (8/10), yang menyebutkan bahwa tahun ini Palestina mengalami kerugian ekonomi sekitar 3,4 milyar dolar.

NOPEMBER

13 November 2013, Menteri Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, Indonesia harus lebih meningkatkan dan membentuk strategi dalam tatanan pertumbuhan ekonomi global  yang berkeadilan untuk mensejahterakan dan meningkatkan perekonomian di Indonsia,  pada acara Forum Riset Ekonomi dan Keuangan Syariah II di UIN Jakarta, Rabu (13/11).

DESEMBER

28 Desember 2013, Investasi barat mulai menggunakan standar syariah dan halal. Bukan hanya di negara-negara yang mayoritas penduduknya muslim, bank syariah ternyata mampu mengibarkan sayap bisnisnya di pasar barat. (T/P010/E1).

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Rate this article!

KALEIDOSKOP EKONOMI 2013,0 / 5 ( 0votes )

Leave a Reply