KALEIDOSKOP INDONESIA 2013

Januari 2013

28 Januari 2013, Pengurus DKM Masjid Agung Baiturrohman, Anwar Nashihin menyatakan Indonesia paling besar dukungan dan kepeduliannya terhadap rakyat Palestina baik dukungan materi maupun moril.

Februari 2013

28 Februari 2013, Warga Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, memberikan bantuan senilai Rp200 juta untuk perjuangan pembebasan Masjid Al-Aqsha dan kemerdekaan Palestina.

Maret 2013

16 Maret 2013, Pemerintah Palestina mempunyai agenda utama tahun ini untuk membebaskan tahanan warga Palestina secara murni tanpa syarat dari penjara Israel. Deportasi yang dialami Ayman merupakan siksaan psikologis karena harus meninggalkan keluarganya, meskipun dia sudah keluar dari penjara Israel.

April 2013

8 April 2013, Kampanye dunia maya diluncurkan oleh hacker berafiliasi dengan kelompok Anonymous dalam rangka memprotes kebijakan Israel di Palestina. Kelompok itu mengancam akan melancarkan “pertempuran internet terbesar dalam sejarah umat manusia” yang pada akhirnya akan “menghapus Israel dari peta internet.” Demikian berita yang dilansir ABNA.

Mei 2013

3 Mei 2013, Ketua Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Syihab mengatakan, umat Islam Indonesia siap berdialog dengan wakil-wakil dari Myanmar untuk mencari solusi permasalahan Muslimin di Rohingya.

Juni

08 Juni 2013, Ketua Gerakan Global March to Jerusalem (GMJ) Internasional, Dr. Ribhi Halloum menyeru umat muslim sedunia untuk bergerak mencegah tindakan Zionis Israel bertindak lebih jauh terhadap kota suci Al-Quds.

Menanggapi seruan Presiden Palestina Mahmoud Abbas agar umat Islam di dunia mengunjungi Masjid Al-Aqsha, Pimpinan Umum Pesantren Al Fatah se-Indonesia Ustadz KH Yakhsyallah Mansur,M.A. mengatakan bahwa umat Islam memang disyariatkan mengunjungi Al-Aqsha, siapa pun penguasanya.

Juli

23 Juli 2013, Mantan presiden Indonesia yang ketiga sekaligus pendiri Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI), Bacharuddin Jusuf Habibie menceritakan bahwa awal mula didirikannya ICMI adalah untuk menyatukan potensi umat Islam yang saat itu membutuhkan tempat untuk berkreasi.

Agustus

26 Agustus 2013, Dosen Senior Program Manajemen Dakwah Islam Universiti Sains Islam Malaysia (USIM), DR. Ahmed Abdul Malik mengatakan, bersatunya kaum Muslimin kunci kebangkitan peradaban Islam.

September

4 September 2013, Ribuan massa umat Islam dari sekitar 40 elemen ormas Islam melakukan aksi jalan kaki (long march) menuntut dibatalkannya penyelenggaraan Miss World 2013 di Indonesia.

27 September – Duta Besar Republik Paraguay, Cecar Estebon Grillion memutuskan masuk agama Islam dan resmi menjadi seorang mualaf.

Pengesahan muslim Cecar mengucapkan dua kalimat syahadat disaksikan Menteri Agama Indonesia Suryadharma Ali dan dihadapan ribuan jamaah shalat Jumat di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (27/9). Pengucapan syahadat Cecar Estebon Grillion dibimbing langsung oleh Imam Besar Masjid Istiqlal, KH. Ali Mustafa Yaqub. Dengan sedikit terbata-bata Cecar mengucapkan syahadat dengan bahasa Arab.

Oktober

4 Oktober 2013, Presiden AS Barack Obama menelpon Presiden SBY terkait permohonan maafnya untuk tidak menghadiri KTT APEC 2013 yang sebelumnya dijadwalkan datang pada 7-8 Oktober 2013, namun menunjuk Menteri Luar Negeri AS, John Kerry untuk menghadiri pertemuan ekonomi Asia-Pasific itu.

November

4 November 2013, Perwakilan Tinggi Uni Eropa (UE) untuk Urusan Luar Negeri dan Kebijakan Keamanan, Catherine Ashton menyatakan, Indonesia mempunyai peran dalam berbagai isu global dan regional, terutama perdamaian di berbagai kawasan termasuk di Asia Tenggara maupun Timur Tengah.

18 November – Wawancara khusus Mi’raj Islamic News Agency (MINA) dengan Duta Besar Paraguay untuk Asia Tenggara yang berkedudukan di Jakarta, Cesar Esteban Grillon tentang perjalanan (hijrah) spiritualnya dari Kristen ke Islam.

Hijrah spiritual (Perpindahan Spiritual) dari Duta Besar Paraguay untuk wilayah Asia Tenggara Cesar Esteban Grillon dari Katolik ke Islam telah membuatnya ingin menjadi contoh panutan Muslim yang akan menarik dan menginspirasi orang-orang sebangsanya untuk belajar lebih banyak tentang Islam dan akhirnya setelah memahami kebenaran tentang Islam berpindah keyakinan  ke agama ini.

Duta Besar Republik Paraguay untuk wilayah Asia Tenggara yang berbasis di Jakarta, Cesar Esteban Grillon ingin menjadi contoh panutan sebagai seorang Muslim untuk negaranya, negara mayoritas Kristen di Amerika Selatan, yang akan menarik warga negara Paraguay untuk menjadi Muslim.

19 November 2013, Sebuah sekolah tinggi Al-Qur’an berbasis online bernama Shuffah Al-Qur’an Abdullah bin Mas’ud (SQABM) secara resmi diluncurkan di Pondok Pesantren Al-Fatah, Lampung, kurang lebih 165 km sebelah barat laut Jakarta.

. Ketua SQABM Yakhsyallah Mansur mengatakan bahwa latar belakang pendirian lembaga ini adalah melihat realita saat ini jutaan Muslim tidak memiliki kesempatan mempelajari Al-quran karena berbagai alasan, terutama alasan ekonomi, sosial, dan geografis.

Sementara itu, pembina SQABM, Muhyidin Hamidy menyatakan, saat ini masih sedikit masyarakat Muslim yang tekun dalam mempelajari Al-Qur’an. Dengan hadirnya Shuffah Al-Qur’an diharapkan akan menjadi pendorong dan sekaligus sebagai media bagi Muslimin agar bisa mempelajari, memahami, dan mengamalkan kandungan Al-Qur’an. Program unggulan dari SQABM adalah program menghafal (tahfidz) Al-Qur’an. Mahasiswa diprogramkan dapat menghafal 30 juz Al-Qur’an dalam waktu tiga sampai empat bulan.

Desember

10 Desember 2013, Puluhan aktivis Hak Asasi Manusia (HAM) berkumpul di Bundaran Hotel Indonesia pada Hari HAM Sedunia, Jakarta, bertujuan mengingatkan masyarakat Indonesia tentang penderitaan yang dialami muslim Rohingya, Myanmar.

17 Desember 2013, Ternyata hubungan antara Palestina terutama Masjid Al-Aqsha di kota Al-Quds dengan Jawa Tengah, Indonesia, sudah terjalin sangat lama. Hal itu dirasakan oleh Imam Besar Masjid Al-Aqsha Dr. Syeikh ‘Ali Omar Al-Abbasi saat melakukan pekan safari dakwah dan silaturahim ke warga Jawa Tengah di ibu kota Semarang, 7-10 Shafar 1435. (T/P015/P01/E1).

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Rate this article!

Leave a Reply