LIGA ARAB MINTA KEJAHATAN ISRAEL DIDOKUMENTASIKAN

Kairo, 22 Shafar 1435/25 Desember 2013 (MINA) – Sekretariat Jenderal Liga Arab, Nabil el-Araby telah menyerukan kejahatan perang terhadap kemanusiaan yang dilakukan oleh pasukan penjajah Israel terhadap Palestina perlu didokumentasikan. 

“Isu-isu kejahatan itu harus dibawa ke media global dan hukum internasional,” kata Nabil el-Araby seperti dilaporkan Middle East Monitor (MEMO) yang dikutip Mi’raj News Agency (MINA).

Berbicara pada upacara yang diselenggarakan oleh Liga Arab pada Senin (23/12), Sekjen itu mengatakan, cabang Dewan Arsip Internasional Arab diminta untuk mengambil semua tindakan yang mungkin untuk menempatkan isu ini dalam agenda konferensi tahunan. 

Ia menambahkan, hal itu bisa mencegah Israel dari menghancurkan Palestina dan membantu menghentikan kebijakan rasis di Yerusalem dimana ia memalsukan fakta dan mengubah identitas Arab dari kota dengan program Judais di tempat-tempat suci.

Dalam pidato yang disampaikan atas nama Anggota Dewan Tertinggi dan Penguasa Sharjah, HH Shaikh Dr Sultan bin Mohammed Al Qasimi, ia menegaskan tanggung jawab sejarah dan nilai dokumen menjadi sangat penting dalam peristiwa yang menantang dialami oleh dunia Arab. 

Menurutnya, telah terjadi distorsi fakta oleh komplotan di seluruh wilayah. Dokumentasi resmi menjadi landasan untuk generasi mendatang dalam menegaskan identitas dan sejarah mereka. Metode pengarsipan modern harus diadopsi dalam rangka melestarikan sejarah dunia Arab, tambah Shaikh Al-Qasimi. (T/P08/R2).

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply