MENTERI KOMUNIKASI AUSTRALIA DIDESAK MUNDUR KARENA DUKUNG PERKAWINAN GAY

Sydney, 12 Safar 1435/15 Desember 2013 (MINA) – Seorang senator dari Partai Liberal, Cory Bernardi, mendesak rekan separtainya yang juga Menteri Komunikasi Australia, Malcolm Turnbull, mengundurkan diri jika masih terus mendukung dilegalkannya perkawinan sesama jenis (gay).

Menteri Turnbull sebelumnya menyatakan pemerintah seharusnya membolehkan pemungutan suara berdasarkan pilihan pribadi anggota parlemen atas isu ini, bukan berdasarkan garis politik partai.

“Kalau Turnbull ingin bicara suatu isu di luar garis kebijakan partai, seharusnya ia mundur dari jabatan menteri,” kata Benardi, dalam tanggapan keras atas pernyataan Menteri Turnbull.

Menurut Bernardi, sikap Partai Liberal atas perkawinan sangat jelas, yaitu antara laki-laki dan perempuan.

“Para menteri harus menyadari hal itu. Ketika berada dalam kabinet, tidak ada tempat bagi pandangan pribadi atas isu tertentu,” katanya.

Senator Bernardi sebelumnya pernah berbeda pendapat ketika Turnbull masih menjabat sebagai pemimpin Partai Liberal tahun 2009 dalam isu pajak karbon yang digagas Partai Buruh saat itu.

Turnbull kehilangan jabatan sebagai pemimpin Partai Liberal dan digantikan Tony Abbott lantaran isu pajak karbon tersebut.

Kini, Partai Buruh yang beroposisi meminta Menteri Turnbull untuk mendukung Rencana Undang-Undang Perkawinan Gay dalam posisinya sebagai pribadi anggota parlemen. Namun permintaan itu ditolak karena posisi Turnbull sebagai menteri.

Turnbull mengatakan, semua negara yang secara kultural dengan Australia seperti Inggris, Kanada, Afrika Selatan dan Selandia Baru, semuanya telah membolehkan pernikahan gay. (T/P015/R1)

Miraj News Agency (MINA)

Leave a Reply