OKI : LSM KEMANUSIAAN HARUS BERPERAN AKTIF

Istanbul, 12 Safar 1435/15 Desember 2013 (MINA) – Organisasi Kemasyarakatan harus berperan aktif dalam membantu masalah kemanusiaan yang terjadi di seluruh dunia.

Ini disampaikan Bulent Yildirim, Ketua Organisasi Sosial Kemasyarakatan di Dunia Islam ke-Lima dalam Pembukaan Konferensi yang diadakan Organisasi Kerjasama Islam (OKI) di Istanbul, Turki, Sabtu, (14/12).

“Masalah kemanusiaan telah trajadi dimana-mana. kita bisa saksikan hak-hak manusia telah dirampas, khususnya anak-anak wanita dan para yatim piatu, untuk itulah sebagai organisasi kemasyarakatan kita harus mengambil tindakan untuk membantu mereka,“ kata Yildirim, seperti dilaporkan Nur Ikhwan Abadi, wartawan Mi’raj News Agency (MINA) di Istanbul, Turki.

Sementara itu, Sekjen OKI, Ekmeleddin Ihsan Oglu, menyatakan konferensi ini sangat penting dan berkeyakinan akan mempunyai imbas yang kuat untuk membantu masalah kemanusaiaan didunia islam.

“Pertama kali ketika terjadi tsunami di Aceh Indonesia, OKI tidak bisa berbuat apa apa karena tidak ada departemen khusus untuk menangani masalah ini. untuk itulah pada 2008 diadakan pertemuan LSM-LSM di sebuah kota kecil Konsali, Dakar, atlantik selatan sinegal. dan saya meyakini bahwa kita bisa bekerjasama untuk membantu masalah-masalah kemanusaiaan di dunia islam,“ kata Ekmeleddin.

Hadir pada konferensi tersebut, ketua OICHAD 4 Muhammad Al –Amin dari Sudan, Ketua OICHAD ke 5 Bulent Yildirm dari IHH, Sekjen OKI Ekmeleddin Ihasnoglu, Cemal Yilmaz Demir dari parlemen Turki Cevdet Yilmaz. Indonesia mengirimkan utusan Agus Sudarmaji dari Aqsa Working Group (AWG), Henry Hidayatullah dari Medical emergency Rescue Committee (MER-C), Prof. Dr. Maman Abdurrahman,MA. dari Persatuan Islam (PERSIS) dan Achmad Michdan dari Tim Pembela Muslim (TPM). (L/K01/NIA/R1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply