OKI ADOPSI RENCANA AKSI UNTUK LINDUNGI AL-QUDS

Conakry, Afrika, 8 Shafar 1435/11 Desember 2013 (MINA) – Dewan Menteri Luar Negeri  Organisasi Kerjasama Islam (OKI) telah mengadopsi 13 butir rencana aksi hukum dan politik untuk memaksa Israel menghentikan agresi dan tindakan ilegal di wilayah pendudukan Yerusalem (Al-Quds).
         Berdasarkan resolusi yang disepakati Dewan Menlu OKI tersebut, komite menteri OKI akan dibentuk untuk bertindak segera untuk menyampaikan pesan OKI bahwa setiap tindakan kriminal penjajah Israel terhadap Al-Aqsha merupakan pelanggaran garis merah yang tidak akan diperbolehkan atau ditoleransi oleh Dunia Islam, kata pernyataan OKI, demikian menurut laporan Pusat  Informasi Palestina (PIC) seperti dikutip Mi’raj News Agency (MINA).

        “Rencana aksi juga lebih jauh member mandat kepada OKI di New York untuk mencari kesempatan untuk mengadakan pertemuan khusus dengan Dewan Keamanan PBB untuk membahas pelanggaran pelanggaran yang dilakukan penjajah Israel di tanah Palestina , ” tambah pernyataan itu .
         Pada tingkat hukum , rencana aksi tidak menutup kemungkinan beralih ke Mahkamah Pidana Internasional dan badan badan hukum internasional lainnya untuk memaksa Israel bertanggung jawab atas kejahatan dan pelanggaran di tanah Palestina.
         Dewan Menteri Luar Negeri OKI  telah mengadakan pertemuan khusus tentang Yerusalem di Conakry , Guinea , untuk membahas pelanggaran pelanggaran  dan skema yahudisasi yang dilakukan penjajah Israel.
         Sementara itu, Ismail Radwan, Menteri Wakaf dan Agama di Gaza, mengingatkan gempa bumi buatan Israel dapat menyebabkan runtuhnya Masjid Al-Aqsa untuk kemudian membangun  kuil impian yang mereka klaim berada di bawah masjid.

         “Tindakan Israel menargetkan Al-Aqsha merupakan ancaman langsung bagi keyakinan dan perasaan umat Islam,” katanya dalam aksi solidaritas mahasiswa yang diselenggarakan di Universitas Ilmu Terapan di Gaza.

          Dia menngatakan  Israel bertujuan memberlakukan status quo di kawasan itu sebagai awal untuk melakukan pembongkaran Masjid al-Aqsha dan pembentukan kuil mereka.

          Radwan menyerukan kepada Liga Arab dan OKI untuk bertindak sesegera mungkin menyelamatkan Palestina dan Masjid al-Aqsha serta mendukung ketabahan warga Palestina di sekitar  Yerusalem yang setiap hari mendapat perlakuan tidak adil oleh pihak Zionis. (T/P03/R1/E1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply