IMAM BESAR DUNIA PIMPIN SHALAT DI PEKANBARU

 

 

 

Masjid Agung An-Nur Pekanbaru, Riau.

Pekanbaru-Riau, 29 Muharram 1434/3 Desember 2013 (MINA) – Di sela-sela kesibukan menghadiri  Konferensi Imam Besar Masjid se-Dunia, para imam besar akan menyempatkan diri memimpin shalat berjamaah di tiga masjid di Pekanbaru. 

Masjid  tersebut adalah Masjid Agung An-Nur, Masjid Raya Pekanbaru, dan Masjid Raya Ar Rahman,  Jl Jendral Sudirman, Pekanbaru, Riau.

Konferensi Imam besar Masjid se-Dunia sedang berjalan setelah secara resmi dibuka oleh Wakil Menteri Agama Prof. Dr. Nasarudin Umar di Hotel Aryaduta, Pekanbaru, Riau,  Senin (2/12) malam.

Konferensi yang berlangsung selama lima hari, mulai tanggal 2-6 Desember 2013 itu diikuti sebanyak 500 imam dari 14 negara Islam yang ada di dunia.

Dalam rilis melalui laman resmi yang dikutip Mi’raj News Agency (MINA), surat pemberitahuan kedatangan para imam ke masjid-masjid tersebut sudah dikirimkan panitia konferensi.

Para imam besar itu adalah Hussein Ghazzi Hussein (Imam besar Masjid Al-Mutawakkil, Iraq), Muhammad A. M. Hussein (Mufti Negara Palestina), Seraag Makkie Johar (Imam Masjid Nurul Islam, Cape Town, Afsel), Ildar Galeev (Dewan Mufti Rusia), Nazaruddin Bin Baharuddin (Imam Masjid Putra Jaya Malaysia), Maulana Syed Muhammad Abdul Khabir Azad (Imam Masjid Badshah Mosque Pakistan), Taleb Ben Elhadi Ben Ahmed Elghozzi (Imam Masjid Okba Kairouan Tunisia).

Tujuh imam besar itu akan menjadi imam di tiga masjid tersebut secara bergantian. 

Berdasarkan jadual yang diperoleh dari Panitia, Shalat Subuh di Masjid Agung An-Nur Riau pada Rabu, Kamis dan Jumat pekan ini akan diimami oleh para imam besar tersebut.  

Mereka adalah  Ildar Galeev menjadi imam pada Rabu (4/11) Subuh, lalu Nazaruddin Bin Baharuddin imam pada Kamis (5/11) Subuh, dan Seraag Makkie Johar beroleh kehormatan untuk mengimami jamaah Subuh Masjid Agung An-Nur pada hari Jumat (6/11).

Selama perhelatan konfrensi imam sedunia ini, pemerintah Provinsi Riau mengadakan salat tahajud, di Masjid Agung An-Nur, Pekanbaru, selama satu bulan penuh. Shalat tersebut akan diimami oleh imam yang hafal 30 jus dan akan berlangsung mulai pukul 02.00 Wib dinihari.

Begitu juga masjid Raya Pekanbaru. Masjid yang berdiri seiring dengan pertumbuhan Kota Pekanbaru itu akan memperoleh kehormatan menerima imam tamu untuk Shalat Maghrib dan Isya.

Imam tamu langsung memimpin shalat berjamaah dua waktu sekaligus. Para imam tamu itu adalah Seraag Makkie Johar untuk Selasa, lalu Ildar Galeev akan menjadi imam untuk hari Rabu. Abdul Kareem Anees, A. Rahim (Imam Masjid Qubbah Ashshokhro, Al-Aqsha, Palestina) beroleh kehormatan  memimpin shalat berjemaah untuk hari Kamis, dan Taleb Ben Elhadi Ben Ahmed Elghozzi akan menjadi imam tamu shalat Magrib dan Isya pada hari Jumat.

Shalat Magrib dan Isya pada Masjid Raya Ar Rahman di Jalan Jendral Sudirman Pekanbaru pula diimami oleh Muhammad A.M. Hussein pada Selasa (3/11).

Ildar Galeev diminta mengimami Shalat Magrib dan Isya di sana pada Rabu (4/11), dan Taleb Ben Elhadi Ben Ahmed Elghozzi  pada Kamis (5/11). Sementara di hari terakhir konferensi, Hussein Ghazzi Hussein akan memimpin shalat di  Masjid Raya Ar-Rahman itu.

Kecuali di masjid Agung An-Nur, para imam besar ini akan memimpin shalat berjamaah pada dua waktu. Sementara Shalat Zuhur dan Ashar para imam tidak akan meninggalkan ruang konferensi mengingat jadual konferensi empat hari itu rata-rata akan berakhir pada pukul 15.00 WIB.

Selain memimpin shalat berjamaah, para imam itu juga akan diminta kesediaan memberikan tausiah kepada majelis Maghrib dan Subuh pada masing-masing masjid. (T/P02/R2)

 

Mi’raj News Agency (MINA) 

 

 

 

 

Leave a Reply