PARTAI ISRAEL BERKOALISI GULINGKAN NETANYAHU

Tel Aviv, 29 Muharam 1435/3 Desember 2013 (MINA) – Media Maariv memberitakanm, Partai Buruh dan Partai Shas Israel berkoalisi di Parlemen Israel (Knesset) untuk menggulingkan pemerintahan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu.

Koalisi baru telah dicapai dalam pertemuan antara Ketua Partai Shas, Aryeh Deri dan ketua Partai Buruh, Isaac Herzog.

“Keduanya sepakat menjalin koalisi menggulingkan pemerintahan,” ujar pernyataan kantor Aryeh Deri di Knesset, Selasa (3/12), menurut laporan Middle East Monitor (MEMO) yang dikutip Mi’raj News Agency (MINA).

Ketua Partai Shas, Aryeh Deri

Partai Shas menyebutkan bahwa partainya memiliki hubungan yang lebih baik dengan Isaac Herzog, ketua baru Partai Buruh, dibandingkan sebelumnya Shelly Yachimovich.

Pimpinan  kedua partai, Deri dan Herzog kedua merupakan anggota Komisi Luar Negeri dan Pertahanan di Knesset.

“Beberapa kali upaya koalisi dilakukan untuk menggulingkan pemerintah yang berkuasa,” kata Herzog. 

Kesepakatan dicapai sebagai reaksi atas upaya Menteri Kehakiman Israel, Tzipi Livni yang meminta Herzog untuk bergabung dalam koalisi pemerintah, dalam menghadapii kelompok Habayit Hayehudi dan Yisrael Beiteinu. Netanyahu terus berupaya mencari terobosan dalam perundingan dengan Palestina.

Livni mencoba mencari koalisi baru dengan partai Buruh untuk mengamankan posisi pemerintah Netanyahu di Knesset. (T/P012/R1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply