NILAI AL-QURAN TANAMKAN UNTUK GENERASI MUDA

Bandar Lampung, 27 Muharram 1435/1 Desember 2013 (MINA) –  Aktivis Institut Al-Quds Yaman, Heni Nur Hasanah mengatakan penanaman nilai-nilai Al-Quran harus terus digerakkan untuk generasi muda menghadapi tantangan pergaulan bebas yang akhir-akhir ini berkembang di masyarakat.

“Solusi pencegahan pergaulan bebas yang berisiko penyakit AIDS bukan dengan pembagian alat kontrasepsi, tetapi dengan menanamkan nilai-nilai Al-Quran kepada generasi muda kita,” kata Heni saat ditemui Mi’raj News Agency (MINA) di Bandar Lampung, Ahad, (1/12).

Wanita alumni Institut Pertanian Bogor ini mengkhawatirkan, dengan adanya gerakan pemasyarakatan alat kontrasepsi justru akan menimbulkan dampak sosial yang mengisyaratkan legalisasi pergaulan bebas di negeri muslim terbesar, Indonesia.

“Sesuatu jika disosialisasikan dan dibiasakan, akan menjadi kebenaran untuk dilakukan,” tegasnya.

Menurut Koordinator Muslimah Jamaah Muslimin (Hizbullah) Wilayah Lampung ini, hanya dengan akhlak Al-Quran yang bisa mencegah generasi muda dari melakukan perbuatan melanggar syariat seperti pergaulan bebas.

Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasalam diutus untuk menyempurnakan akhlak manusia, akhlak Rasulullah adalah Al-Quran, maka yang utama lakukan adalah menanamkan nilai-nilai akhlakul karimah kepada generasi muda dengan Al-Qur’an, tambahnya.

Heni memaparkan pendidikan moral Al-Quran jauh lebih baik ditanamkan sejak dini. Sehingga ketika dewasa, mereka bisa memilih mana yang baik untuk dilakukan dan mana yang tidak boleh dilakukan. 

“Allah jelas melarang mendekati zina, ya jangan didekati apalagi dilakukan. Perhatikan batasan pergaulan antarlawan jenis, ketika anak-anak kita sudah memahami syariat ini, insya Allah tidak ada pergaulan bebas apalagi penularan virus HIV, “ ujarnya. 

Heni menekankan pentingnya peran orang tua dan guru dalam mendidik generasi berakhlak Al-Quran agar terbebas dari pergaulan bebas. Orangtua dan guru berperan penting mendidik anak-anak berakhlak Al-Quran sehingga mengerti batasan-batasan syariat dalam bergaul. (L/K01/P015/P01/R1).

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply