SEKJEN PBB DESAK INTERNASIONAL TINGKATKAN BANTUAN UNTUK FILIPINA

Manila, 20 Shafar 1435/22 Desember 2013 (MINA) – Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki -moon mendesak masyarakat internasional untuk meningkatkan bantuan kepada Filipina yang telah dilanda topan Yolanda (Haiyan).

“PBB mendukung upaya rekonstruksi Filipina dan meningkatkan ketahanan terhadap bencana alam,” ungkap Ban di Manila pada Ahad (22/12), lapor Al-Jazeera yang diberitakan Mi’raj News Agency (MINA).

PBB meningkatkan bantuan menjadi $791 juta untuk rencana pemulihan selama setahun, sementara pemerintah Filipina secara terpisah meluncurkan rencana rekonstruksi $ 8,17 milyar untuk empat tahun.

Ban mengatakan, dia terinspirasi dan tergerak dalam kunjungannya pada Sabtu di kota Tacloban, salah satu daerah yang paling parah terkena dampak kerusakan oleh topan. “Orang-orang bekerja keras untuk pulih,” katanya. “Kita tidak boleh membiarkan ini menjadi krisis yang terlupakan lagi,” tambahnya.

Topan Yolanda melanda Filipina Tengah pada 8 November yang membunuh setidaknya 6.100 orang dan hampir 1.800 lainnya hilang. Angin kencang dan air banjir meratakan seluruh desa, menghancurkan lebih dari satu juta rumah dan melukai 27.000 orang.

Sementara itu, pemerintah Filipina harus mempertahankan upaya untuk memberikan bantuan kepada para korban topan. Skala kehancuran yang besar, membuat banyak dari korban menerima sedikit atau tidak tersentuh bantuan selama seminggu setelah bencana. (T/P09/P01).

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply