SEKJEN PBB KUNJUNGI KORBAN TOPAN DI FILIPINA

Manila, 19 Shafar 1435/21 Desember 2013 (MINA) – Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon berkunjung ke Filipina pada 20 hingga 22 Desember untuk melihat dan menilai langsung daerah dan korban yang dilanda topan Yolanda (Haiyan).

Presiden Benigno S. Aquino III menerima Ban Ki-moon dalam kunjungan kehormatan di Malacanang pada Sabtu pagi (21/12). Sekjen PBB itu tiba di Filipina pada Jumat malam.

Ban disambut oleh Presiden dan Menteri Luar Negeri Albert del Rosario setibanya di Istana, lapor Philippines News Agency (PNA) yang diberitakan Mi’raj News Agency (MINA).

Juru Bicara Wakil Presiden Abigail Valte mengatakan presiden mengucapkan terima kasih kepada Ban atas dukungan PBB untuk melanjutkan upaya bantuan dan rehabilitasi pasca Topan Haiyan.

Sebuah pernyataan dari Departemen Luar Negeri mengatakan kunjungan Sekjen PBB juga menandai kerjasama berkelanjutan antara pemerintah Filipina dan PBB, terutama pada saat ini, ketika negara memulai pemulihan dan rekonstruksi di daerah bencana.

Ban akan menilai langsung kerusakan yang diakibatkan topan Yolanda dan untuk mengungkapkan solidaritas kepada masyarakat yang terkena dampak serta menyatakan simpati kepada para korban bencana di wilayah Visayas.

Setelah pertemuannya dengan presiden dan pejabat tinggi pemerintah lainnya, Ban melakukan perjalanan ke Tacloban City untuk mengunjungi masyarakat yang terkena dampak Haiyan, badai yang dianggap paling kuat dalam sejarah.

Pada Ahad pagi, Ban akan mengadakan konferensi pers bersama dengan Menteri Del Rosario di Manila Peninsula Hotel di Makati City. (T/P09/P01).

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply