TINGKATKAN MUTU KUALITAS SDM BAGI MASA DEPAN INDONESIA

Jakarta,  8 Shafar 1435/11 Desember 2013 (MINA) – Meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) penting untuk kemajuan bangsa Indonesia mengingat sumber daya alam (SDA) yang kaya sehingga tersedia banyak sekali persediaan lahan untuk digarap.

“Indonesia punya SDA yang kaya, namun jika kita tidak meningkatkan mutu kualitas SDM untuk mengelola SDA lebih baik lagi maka kita akan ketinggalan dengan negara lain”  kata Ketua BKKBN, Fasli Jalal pada acara Dialog Nasional Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) Audit Indonesia jilid 2 dengan tema “Membangun Masa Depan Sumber Daya Manusia Indonesia” di Jakarta, Rabu (11/12).

Sementara itu, ahli sumber daya manusia ITB, I Gede Raka menilai bahwa SDA di Indonesia itu kaya dan berlimpah namun minimnya SDM yang mengelola serta edukasi terhadap masyarakat Indonesia yang kurang memadai memaksa kita mengandalkan warga negara asing untuk berperan aktif di dalamnya.

Selain itu, Dekan UIN Syarif Hidayatullah, Andi Faisal Bakri mengatakan pembangunan SDM berkualitas menjadi prasyarat kemajuan bangsa dengan menyiapkan generasi SDM yang baik dan membangun kualitas pendidikan anak sejak dini.

“Pengembangan SDM mempunyai ruang lingkup yang lebih luas lagi dalam upaya memperbaiki dan meningkatkan pengetahuan, kemampuan, sikap dan sifat” tambahnya.

Ia berharap pemerintah meningkatkan aksi nyata yang bagus dan bangsa Indonesia ini bisa melakukan perubahan lebih baik lagi sesuai kemampuan yang kita miliki.

Ketua Presidium ICMI, Marwah Daud juga mengatakan dalam sambutannya bahwa pemerintah juga harus bisa berperan aktif dalam memberikan kontribusi dan akses yang memadai sehingga Indonesia bisa mempunyai daya saing yang tinggi dan sebagai negara maju di masa yang akan datang. (L/P010/P01).

MINA (Mi’raj News Agency)

Leave a Reply