UNISZA MALAYSIA KERJASAMA DENGAN KANTOR BERITA ISLAM MINA

Bogor, 22 Shafar 1435/25 Desember 2013 (MINA) – Dalam rangka mengembangkan pemberitaan dunia Islam, Universiti Sultan Zainal Abidin (UniSZA) Terengganu, Malaysia menandatangani kesepakatan kerjasama dengan Kantor Berita Islam MINA (Mi’raj News Agency) di Sekretariat Redaksi MINA Kompleks Pesantren Al-Fatah Cileungsi, Bogor, Jawa Barat, Indonesia, Rabu (25/12). 

Pihak UniSZA diwakili Amirah Shajaah binti Azmi selaku Sekretaris Persatuan Penerbitan Kreatif UniSZA mengatakan, kerjasama pemberitaan ini penting untuk penyebaran dakwah Islam melalui media massa.

“Berjuang melalui kantor berita Islam seperti ini dapat menjadi media dakwah melalui mata pena, sehingga masyarakat kampus khususnya dapat mengenal dan mengetahui isu semasa Islam di dunia,” ujar Amirah yang juga mahasiswi Fakulti Pengajian Kontemporari Islam itu.

Menurutnya, kegiatan pemberitaan Islam harus lebih cepat bergerak menjangkau dunia. Sehingga umat Islam terbangun motivasinya untuk berjuang memajukan Islam dan muslimin.

“Kita akan coba buka mahasiswa kampus di Malaysia atas realiti dunia Islam yang terzalimi selama ini, melalui pemberitaan dunia Islam, pelatihan kewartawanan, dan pengembangan jejaring sosial media,” kata Amirah.

Sekretaris Redaksi MINA, Ali Farkhan Tsani mengatakan setelah penandatangan kerjasama tersebut dijadwalkan Maret 2014 dibuka biro MINA di negara bagian Malaysia, Terengganu dan Melaka, setelah sebelumnya dibuka biro di Kuala Lumpur.

“Persatuan dan kesatuan umat Islam terutama dari generasi muda Islam Indonesia dan Malaysia melalui media menjadi kekuatan pencerahan dunia Islam yang rahmatan lil alamin,” ujarnya.

Sejumlah 47 mahasiswa UniSZA Malaysia berkunjung ke Indonesia dalam rangka Kunjungan Studi ke Lembaga Tahfidz Shuffah Al-Quran Abdullah bin Mas’ud Lampung, Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Fatah Bogor, Redaksi Mi’raj News Agency (MINA), dan beberapa tempat lainnya.

Universiti Sultan Zainal Abidin (UniSZA) memiliki dua kampus di Kota di Bandar Kuala Terengganu dan Kampus Gong Badak, Kuala Terengganu.

UniSZA dengan jumlah mahasiswa sekitar 7.000 orang terdiri dari program diploma, sarjana hingga doktoral, dengan delapan fakulti (fakultas), terdiri dari Fakulti Pengajian Kontemporari Islam, Fakulti Pengurusan Perniagaan adan Perakaunan, Fakulti Bahasa dan Komunikasi, Fakulti Informatik dan Komputeran, Fakulti Perubatan dan Sains Kesihatan, Fakulti Rekabentuk dan Teknologi Kejuruteraan, Fakulti Undang-Undang dan Hubungan Antarbangsa serta Fakulti Pertanian, Bioteknolgi dan Sains Makanan.

UniSZA dibentuk dalam upaya memberi sumbangsih melahirkan pemimpin yang mahir dalam pelbagai bidang melalui perekayasaan ilmu, keterbukaan, menanam sikap bertanggung jawab, dan menghargai berbagai perbedaan untuk manfaat kemanusiaan.

Selain itu, UniSZA juga didirikan untuk membentuk pemimpin yang memunyai karakter, bakat dan pemikiran dengan landasan ilmu, berbudaya tinggi, berakhlak luhur dan berwawasan internasional. (L/P04/R1).

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply