UNTUK KE-63 KALINYA ISRAEL HANCURKAN DESA BADUI DI NEGEV

Naqab (Negev), 24 Shafar 1435/27 Desember 2013 (MINA) – Pasukan penjajah Israel untuk ke-63 kalinya menghancurkan desa Badui al-Araqib di Naqab (Negev), selatan Palestina, pada Kamis (26/12).

Wartawan Ma’an di Be’ersheba (utara Naqab) mengatakan, beberapa buldoser dikawal 25 polisi patroli Israel menyerbu pukul sembilan pagi dan menghancurkan semua rumah di desa itu, penghancuran ini terkait Prawer Plan Israel yang akan mengusir ratusan desa di sana.

“Pasukan pembongkaran dan perusakan menyerbu desa kami di pagi hari dan menghancurkan rumah-rumah kami, untuk ke-63 kalinya. Ini adalah serangan barbar, mereka menjadikan penduduk tunawisma disaat musim  dingin,” kata warga setempat Aziz Sayyah al-Touri sebagaimana dikutip IMEMC dan Mi’raj News Agency (MINA).

Dia juga mengatakan serangan itu datang setelah Israel mengumumkan pengesahan UU Prawer-Begin Plan untuk mengosongkan Negev dan menggantikannya demi permukiman ilegal mereka.

Warga Badui Palestina di Naqab mengatakan mereka sudah menempati tanah gurun itu sejak nenek moyang mereka ribuan tahun lalu, sementara Israel menganggap Al- Araqib dan semua desa Badui di Negev adalah ‘ilegal’ bagi Palestina.

Terdapat sekitar 260 ribu warga Arab badui di tanah Palestina yang dijajah Israel, sebagian besar tinggal di sekitar Tanah Naqab, lahan tandus di selatan Palestina. Lebih dari setengah populasi badui yang hidup di desa-desa Palestina belum diakui tanpa mendapat pelayanan umum yang layak, dengan banyak dari mereka hidup dalam kemiskinan. (T/P02/P03)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Leave a Reply