AHMAD AL-JARBA KEMBALI PIMPIN KOALISI NASIONAL SURIAH

Istanbul, 4 Rabi’ul Awwal 1435/6 Januari 2013 (MINA) – Pimpinan Koalisi Nasional Suriah Ahmad Al-Jarba kembali memimpin kelompok oposisi tersebut untuk masa jabatan enam bulan ke depan setelah menang di Istanbul, Turki, Ahad (5/1).

Al-Jarba menang suara 65-52 menyaingi kandidat lainnya, mantan Perdana Menteri Suriah Riyad Hijab, lapor media online internasional Jerman, DW (Deutsche Welle) yang diberitakan Mi’raj News Agency (MINA).

Kelompok oposisi saat ini menghadapi perpecahan di dalam jajarannya tentang kehadiran mereka dalam pembicaraan damai mendatang di Jenewa, Swiss, 22-24 Januari.

“Prioritas utama adalah menata sayap militer, mengerjakan solusi politik, pemerintah sementara dan meningkatkan bantuan kemanusiaan,” kata anggota koalisi senior Anas Abdah. Abdah berharap pemimpin yang terpilih kembali membuat kemajuan yang lebih baik selama masa jabatan keduanya.

Koalisi Nasional Suriah sedang merundingkan, apakah akan menghadiri Konferensi Jenewa II. Rencananya, keputusan tersebut akan diambil pada Senin (6/1). Namun salah satu blok oposisi utama, Dewan Nasional Suriah, akhir pekan lalu mengumumkan tidak akan menghadiri konferensi yang akan datang.

Lebih dari 110.000 orang tewas di Suriah sejak pertempuran pecah antara militer dan oposisi pada Maret 2011. Perang saudara itu menyebabkan perpindahan beberapa juta orang, serta masuknya lebih dua juta pengungsi Suriah ke negara tetangga seperti Turki, Libanon, dan Yordania. (T/P09/P01).

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply