AL-QUDS TERPILIH SEBAGAI IBUKOTA PERS ARAB

Kompleks Masjid Al-Aqsha yang berada di kawasan Kota Al-Quds, Palestina.

Amman, 7 Rabi’ul Awwal 1435/9 January 2014 (MINA) – Haitham Yusuf, Sekretaris Jenderal Dewan Persatuan Pers Arab (AIUC), mengumumkan bahwa kota suci Al-Quds sebagai ibukota pers Arab tahun 2014.

Yusuf mengatakan dalam konferensi pers di ibukota Yordania, Amman, Rabu (8/1), keputusan itu diambil AIUC, salah satu lembaga informasi di bawah Liga Arab, berbasis di kota itu, media Arab Al-Riyadh melaporkan sebagaimana dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Yusuf menjelaskan urgensi dari keputusan tersebut dengan menegaskan dukungan pada status kearaban dan keislaman Al-Quds, ibukota Palestina, di saat penjajah Israel terus melaksanakan rencana yahudisasi terhadap kota suci tersebut.

Dia menyatakan bahwa keputusan itu juga bertujuan menyoroti realita pers dan media di kota Al-Quds dengan segala dampak tanggung jawab yang dibebankan di pundak AIUC.

Yusuf menyerukan penyatuan pena Arab yang bebas terhadap persoalan-persoalan yang menaruh perhatian pada penduduk Arab. Sebagaimana diketahui bahwa isu Palestina merupakan isu sentral seluruh Arab, lapor Pusat Informasi Palestina.

Yusuf menambahkan, semua pihak tahu bahwa penjajah Israel, dengan segala perangkat dan sarana yang dimilikinya, berusaha dan terus membelenggu kebebasan kerja pers Palestina di Al-Quds.

Israel telah melakukan serangkaian langkah-langkah dan pembatasan yang diberlakukan terhadap para wartawan Arab, lembaga-lembaga pers, dan media Palestina. (T/P02/E1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Leave a Reply