AMOS : SITUASI KEMANUSIAAN DI SURIAH MEMBURUK

New York, 1 Rabi’ul awal/ 2 Januari 2014 (MINA) – Koordinator Kemanusiaan PBB Valerie Amos mengatakan, “ Situasi Kemanusiaan di Suriah Kota Aleppo sangat memprihatinkan akibat dari serangan membabi buta terhadap warga sipil sehingga banyak di antara mereka yang tewas dan terluka.

Dalam sebuah pernyataannya tadi malam Amos mengutuk serangan terhadap Kota Aleppo dan sebagian kota di Suriah dan ia juga mengatakan, “ bahwa warga di sana sudah cukup menderita, lapor IINA yang dikutip MINA.

Amos mengadakan penelitian bahwa, sebagian besar korban yang  di sebabkan adanya baku tembak serta  senjata berat  oleh pasukan pemerintah dan kelompok bersenjata adalah perempuan dan Anak – anak.

Amos menekankan kepada semua pihak untuk menjamin perlindungan bagi  Warga sipil dalam konflik dan ini adalah tugas Kemanusiaan serta melanjutkan tugas di Suriah secara netral dan Non partisan, hal ini juga diperlukan adanya fasilitas akses keamanan ke daerah konflik tanpa hambatan.

Dia menambahkan, pada tahun 2011 sebagian besar Rumah Sakit rusak dan hancur di Aleppo dengan adanya konflik. Ini menandakan  resiko ketidak amanan yang cukup besar  dalam upaya kami untuk memberikan bantuan bagi warga disana.

Pada pertengahan bulan lalu Amos mengunjungi Suriah bertemu dengan Menteri Luar Negeri Suriah Walid Al-Moallem, wakilnya Faisal Al-Miqdad, Kepala Bulan Sabit Merah Suriah dan Menteri Urusan Sosial dan Tenaga Kerja guna membahas Upaya untuk memberikan bantuan bagi Warga Suriah dan warga yang terkepung.(T/P4)

 

 

 

 

Leave a Reply