BAN KI-MOON LUNCURKAN TAHUN UNTUK SOLIDARITAS PALESTINA

New York, 16 Rabi’ul Awwal 1435/18 Januari 2014 (MINA) – Sekretaris Jenderal PBB, Ban Ki-moon, mencanangkan inisiatif baru dengan menetapkan  2014 sebagai “Tahun Solidaritas Palestina”.

Menurut Palestina News Network (PNN) yang dikutip Mi’raj News (MINA), Sabtu, Ban Ki-moon mengatakan, 2014 akan menjadi tahun yang penting untuk mencapai solusi yakni mewujudkan perdamaian antara Israel dan Palestina, dengan  mengakhiri pendudukan yang dilakukan negara Yahudi tersebut di bumi Palestina sejak 1967, dan berdirinya negara Palestina merdeka yang hidup berdampingan dengan Israel.

Untuk itu, Ki-moon menyerukan masyarakat internasional, terutama Israel dan Palestina, untuk bekerja sama mencapai keadilan dan perdamaian permanen di wilayah tersebut.

Dia menambahkan, mimpinan Israel dan Palestina harus memiliki kemauan politik dan tanggung jawab, serta memiliki visi yang jelas demi masa depan yang lebih baik, melalui komitmen untuk mengedepankan negosiasi dalam upaya mencarikan solusi permasalahan dan mewujudkan perdamaian di wilayah itu.

Sebaliknya, utusan Israel untuk PBB, Ron Prosor mengecam inisiatif Ki-Moon dan menilai, PBB telah dimanfaatkan sebagai alat untuk menampung propaganda Palestina. “Alih-alih mencoba untuk mengakhiri kampanye hasutan Palestina terhadap Israel, PBB menyediakan panggung bagi otoritas Palestina untuk mendapatkan akses terhadap media,” kata Prosor.PBB, pada gilirannya, mengeluarkan  enam resolusi mengutuk Israel.(T/P014/E02/Mi’raj News)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Leave a Reply