FILM PALESTINA TEMBUS NOMINASI OSCAR

Los Angeles, 15 Rabi’ul Awwal 1435/17 Januari 2014 (MINA) – Film produksi cineas Palestina berjudul ‘Omar’ berhasil menembus nominasi Oscar, ajang bergengsi penghargaan industri perfilman Amerika.

Dalam acara pemberian nominasi yang diumumkan pagi di Los Angeles, film Omar yang menjadi film kedua produksi Palestina yang pernah bersaing di ajang itu akan bersaing dalam kategori Film Terbaik Berbahasa Asing dan akan beradu dengan film Italia, The Great Beauty, yang telah memenangkan penghargaan Golden Globe, demikian dilaporkan Al Jazeera yang dikutip Mi’raj News (MINA), Jumat.

Film-film lain yang berlomba dalam kategori itu adalah The Broken Circle Breakdown dari Belgia, The Hunt dari Denmark, dan The Missing Picture dari Kamboja.

Sutradara film Omar, Hany Abu-Assad mengatakan,film hasil karyanya memiliki potensi untuk membuka mata dunia  untuk memahami msalah yang sedang dihadapi rakyat Palestina.

“Ini adalah contoh bentuk perhatian bagi sebuah film yang pada gilirannya akan dapat mendorong  pemahaman lebih jauh mengenai situasi dan masalah yang dihadapi oleh bangsa Palestina,” kata Abu-Assad seraya menambahkan:  “Tentu saja ini berdampak  positif” (bagi rakyat Palestina-red)

Film Abu-Assad berjudul Paradise Now yang masuk dalam nominasi Oscar untuk kategori Film Berbahasa Asing 2005, menuai kontroversi ketika Academy Awards pada awalnya menyangka sebagai film besutan ‘Otoritas Palestina’, namun penilaia tersebut kemudian diralat dengan sebutan film dari ‘Wilayah Palestina’.

Masuknya film Paradise Now dalam penghargaan nominasi Oscar ke-78 merupakan pertama kalinya film produksi Palestina berlaga di ajang penghargaan film dunia yang bergengsi tersebut.”Ini adalah langkah ke arah yang benar bagi Palestina,” tandasnya.

“Tidak ada keraguan bahwa ini adalah sebuah film Palestina,” kata Abu-Assad. “Dan itu adalah hak bagi mereka untuk mendaftarkan Omar di bawah Palestina.”

Film Omar, 95 persen didanai Palestina dan sisanya berasal dari dukungan sebuah institusi yang berbasis di Dubai, Uni Emirat Arab.

Omar yang dibintangi Adam Bakri sebagai tokoh protagonis dalam film tersebut menggambarkan kisah pemuda Tepi Barat yang terjerat dalam kasus pembunuhan terhadap seorang anggota tentara Israel saat terlibat dalam hubungan cinta, konsekuensinya alur cerita dilatarbelakangi oleh konflik abadi antara Israel danPalestina.

Pemenang piala Oscar akan diumumkan pada  2 Maret dalam upacara di Dolby Theatre, Hollywood. (T/P09/E02/Mi’raj News).

Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Rate this article!

Leave a Reply