IKHWANUL MUSLIMIN TUNTUT KESELAMATAN MURSI

Kairo, 4 Rabi’ul Awal 1435/6 Januari 2014 (MINA) – Ikhwanul Muslimin (IM) menuntut pemerintah sementara Mesir memperhatikan kesehatan mantan presiden Mesir, Muhammad Mursi yang sedang ditahan.

IM menyatakan keprihatinannya, Ahad malam (5/1), tentang kondisi kesehatan dan keselamatan Mursi. “Kami menuntut tanggung jawab penuh keselamatan Presiden Mursi,” kata kelompok itu dalam pernyataannya kepada Anadolu Agency yang dikutip Mi’raj News Agency (MINA).

Seruan ini dimaksudkan untuk memperbolehkan agar keluarga dan pengacara Mursi bertemu dengannya. IM mengkritik penolakan tuntutan untuk memungkinkan pengacara bertemu dengan pemimpin yang hanya berkuasa setahun itu.

Permintaan yang diajukan oleh pengacara untuk mengunjungi Mursi di penjara Burg al-Arab di Alexandria ditolak oleh jaksa sehari sebelumnya karena “alasan keamanan”.

Bulan lalu, harian Al-Masry al-Youm mengutip Menteri Dalam Negeri Mohamed Ibrahim yang mengatakan, Mursi tidak akan diizinkan bertemu dengan pengacara juga dengan  “alasan keamanan”.

Mursi diterbangkan ke penjara dengan sistem keamanan maksimal setelah tampil di pengadilan dengan tujuh terdakwa lain untuk menjawab dakwaan bahwa ia telah menghasut pembunuhan terhadap demonstran anti-pemerintahannya. (T/P09/E02/P01).

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply