ISRAEL AKHIRNYA IZINKAN MANTAN TAHANAN PALESTINA BEROBAT KE YORDANIA

Tepi Barat, 6 Rabi’ul Awwal 1435/8 Januari 2014 (MINA) – Pemerintah penjajah Israel akhirnya mengizinkan tahanan Palestina yang dibebaskan, Naim Shawamra, dipindahkan ke sebuah rumah sakit di Yordania, Selasa (7/1), setelah perizinannya terus ditunda.

Menteri Tahanan Palestina Issa Qaraqe’ di Tepi Barat menyatakan, Israel dan aparat keamanannya bertindak buruk dan tidak bermoral, dengan terus menunda persetujuan untuk mengizinkan Shawamra dipindahkan ke Yordania dengan ambulan, agar menerima perawatan medis yang sangat dibutuhkan.

Shawamra belum lama ini dibebaskan sebagai bagian dari fase ketiga pelepasan tahanan politik veteran, yang dipenjara oleh Israel sejak sebelum Perjanjian Oslo yang pertama, Alresalah yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Ia menghabiskan 19 tahun di penjara panjajah Israel di mana ia jatuh sakit, dan kondisinya sangat memburuk karena kurangnya perawatan medis profesional di penjara, sebab ia menderita penyakit bernama Amyotrophic Lateral Sclerosis (ALS).

Penyakit ini adalah penyakit yang melemahkan dengan beragam penyebab, ditandai dengan kelemahan progresif cepat, terhentinya pertumbuhan otot dan fasikulasi, kekejangan otot, kesulitan berbicara, kesulitan menelan, dan kesulitan bernapas. ALS adalah jenis yang paling umum dari lima penyakit motor neuron.

Akhir tahun lalu, Israel membebaskan lagi  26 orang tahanan Palestina, sebagai tahap ketiga pembebasaan semua orang Palestina yang ditahan Israel, sesuai kesepakatan damai Oslo 1993.

Pembebasan tahap keempat yang merupakan tahap terakhir yang direncanakan, akan dilakukan pada 28 Maret 2014, sehingga total tahanan yang dibebaskan berjumlah 104 orang tahanan. 

Sebelumnya dalam pembebasan tahap pertama pertengahan Agustus yang lalu, Israel membebaskan 26 tahanan (masing-masing 14 dari Gaza dan 12 dari Tepi Barat) dan pada akhir Oktober membebaskan  26 tahanan (21 dari Gaza dan 5 dari Tepi Barat).

Namun seperti biasa, setiap pembebasan tahanan Palestina, Perdana Menteri Netanyahu juga mengumumkan pembangunan permukiman baru. (T/P09/E1).

Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Leave a Reply