KALEIDOSKOP EROPA 2013

JANUARI

3 Januari 2013, Sebuah sekolah dasar di Inggris dituntut ke pengadilan karena menolak seorang pelajar Muslimah memakai jilbab.
11 Januari 2013, Pemerintah Norwegia menolak usulan mengizinkan petugas polwan muslimat untuk memakai jilbab saat bertugas.
13 Januari 2013, Muslimah ekspatriat yang bekerja di Rusia diizinkan memakai jilbab di kartu identitas mereka, ini merupakan sebuah langkah positif awal setelah berbulan-bulan terjadi perdebatan jilbab di Rusia.

FEBRUARI
10 Februari 2013, Mamuna Farooq (27), seorang muslimah muda asal Wales meraih penghargaan The British Muslim Awards 2012 Kategori Generasi Muda Berpretasi dari Pemerintahan Inggris atas prestasinya di bidang pendidikan dan hukum.

MARET
4 Maret 2013, Walikota Moskow telah memberi peringatan tidak akan memberikan izin untuk membangun sebuah masjid di kota tersebut.
23 Maret 2013, Perdana Menteri Israel Binyamin Netanyahu mengatakan ia telah meminta maaf ke Turki atas kesalahan yang menyebabkan kematian sembilan warga Turki pada tahun 2010 dalam insiden armada freedom flotilla ke Gaza. Netanyahu juga mengatakan, Israel juga telah setuju untuk memberikan kompensasi keluarga korban.

APRIL
14 April 2013, Para ilmuwan militer Inggris telah menemukan bukti forensik bahwa konflik di Suriah menggunakan senjata kimia. Sebuah sampel tanah diambil dari daerah dekat Damaskus dan dikirim kembali ke Inggris telah memberikan bukti bahwa beberapa jenis senjata kimia telah ditembakkan. Tes tersebut dilakukan di Kementerian Pertahanan dalam penilitian bahan kimia dan biologi di Porton Down.
23 April 2013, Para pejabat Israel dan Turki memulai pembicaraan mengenai kompensasi atas serangan mematikan Israel di kapal Mavi Marmara. Israel bulan lalu akhirnya membuat permintaan maaf resmi atas tindakannya pada 2010 ketika pasukannya menyerang secara sengaja armada bantuan Freedom Flotilla ke Gaza kapal Mavi Marmara di lautan internasional. Penyerangan itu mengakibatkan tewasnya sembilan aktivis Turki.
25 April 2013, Kementrian Luar Negeri Spanyol memutuskan untuk membuka kantor perwakilan konsuler di Gaza, karena kebutuhan mendesak keberadaan kantor tersebut. Ini akan menjadi afiliasi dari Konsulat Jenderal Spanyol di Yerusalem.

MEI
6 Mei 2013, Delegasi Turki yang melakukan perjalanan ke Israel datang bersama dengan delegasi Israel untuk putaran kedua pembicaraan untuk menegosiasikan kompensasi Israel kepada keluarga korban serangan 2010 Mavi Marmara kapal bantuan kemanusiaan. Ini pertama kalinya delegasi tingkat tinggi Turki mengunjungi Israel dalam dua tahun, sejak hubungan antara kedua negara terpuruk setelah delapan warga Turki dan satu warga Turki keturunan Amerika meninggal oleh tentara khusus Israel di kapal bantuan Gaza. Delegasi ini dipimpin Wakil Kementerian Luar Negeri Turki, Feridun Sinirlioğlu.
29 Mei 2013, Pemerintah Belgia mencabut larangan pemakaian jilbab setelah selama enam tahun pemerintah melarang perempuan Muslim memakai jilbab. Kebijakan itu menjadi kabar gembira bagi perempuan Muslim di Belgia.

JUNI
8 Juni 2013, Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan mengecam negara-negara Barat yang menggunakan standar ganda dalam penanganan demo antipemerintah di suatu negara. Erdogan menanggapi komentar Komisi Perluasan Uni Eropa Stefan Fule yang menekan Turki agar menangani secara cepat dan terbuka, tindakan pihak keamanan Turki terhadap para demonstran.

JULI
5 Juli 2013, Perancis mengecam Amerika Serikat atas tuduhan bahwa organisasi intelijen terbesar, National Security Agency (NSA), memata-matai kantor Uni Eropa baik di AS dan Eropa.
Kecaman ini disampaikan oleh Menteri Dalam Negeri Perancis Manuel Valls dalam pidatonya di sebuah acaraFourth of July (Empat Juli) yang diselenggarakan oleh Duta Besar AS di Paris.
18 Juli 2013, Presiden Turki Abdullah Gul, menuntut segera dibebaskan Presiden Mesir, Muhammad Mursi, serta jaminan bahwa ia tidak akan dirugikan.

AGUSTUS
1 Agustus 2013, Menteri Luar Negeri Inggris William Jefferson Hague meminta militer Mesir membebaskan presiden terguling Muhammad Mursi dari penahanannya.
23 Agustus 2013, Menteri Luar Negeri Uni Eropa memutuskan untuk menghentikan ekspor senjata yang dapat digunakan dalam menekan pemerintah sementara Mesir, akan tetapi program bantuan lainnya akan tetap berjalan. Menteri Luar Negeri Prancis, Laurent Fabius mengatakan bahwa Uni Eropa sudah memutuskan untuk menghentikan seluruh pengiriman senjata yang dapat digunakan dalam tindakan kekerasan internal Mesir.

SEPTEMBER
13 September 2013, Perancis tetap siap untuk menyerang Suriah terkait penggunaan senjata kimia. Perancis mengatakan akan tetap siap meluncurkan aksi militer terhadap Suriah atas penggunaan senjata kimia meskipun upaya berkelanjutan untuk menemukan solusi krisis Suriah.
14 September 2013, Jerman telah menyetujui untuk menerima 5.000 pengungsi Suriah dan diizinkan untuk tinggal setidaknya selama dua tahun, mereka dipilih dengan cermat dan akan diperkenalkan dengan kehidupan Jerman melalui kursus kilat selama dua minggu.
17 September 2013, Terbungkus selama berabad-abad dalam sajadah Al-Qur’an kuno berusia 1.200 tahun dan buku tafsir ditemukan di Masjid Turki, di Provinsi Mugla, Barat Daya Aegean Region Turki.

OKTOBER
1 Oktober 2013, Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan mengumumkan berakhirnya larangan berjilbab bagi wanita Muslim yang bekerja di lembaga-lembaga negara.
9 Oktober 2013 (MINA) – Turki mengumumkan rencana mendirikan sebuah universitas Muslim pertama di Strasbourg, Perancis bagian timur untuk menarik ratusan Muslim Perancis.

NOVEMBER
6 November 2013, Setelah seruan protes di seluruh dunia dari Aliansi Nasional untuk Mendukung Legitimasi dan Menolak Kudeta, warga Mesir Inggris berkumpul setelah bekerja pada malam protes di London.
23 November 2013, Enam utusan negara besar berkumpul di Jenewa, Swiss untuk melanjutkan upaya mencapai kesepakatan pada program nuklir Iran yang selama ini masih diperdebatkan.

DESEMBER
24 Desember 2013, Industri produk halal semakin berkembang pesat di Rusia, dengan semakin bertambahnya jumlah penduduk muslim dan meningjatkan permintaan produk sertifikasi halal.
30 Desember 2013, Setelah sebuah ledakan besar mengguncang stasiun kereta Volvograd Rusia pada Ahad (29/12), ledakan kedua terjadi keesokan harinya pada sebuah bis listrik penuh sesak dalam kota Volgograd. (T/P08/P01/E1).

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Rate this article!

KALEIDOSKOP EROPA 2013,0 / 5 ( 0votes )

Leave a Reply