ROMBONGAN BESAR PM KANADA KUNJUNGI ISRAEL

Al-Quds (Yerusalem), 17 Rabi’ul Awwal 1435/20 Januari 2014 (MINA) –  Perdana Menteri Kanada Stephen Harper  beserta ratusan anggota delegasi pejabat termasuk istri-istri mereka bertolak ke Israel,  Ahad, sebagai bagian kunjungan pertamanya sejak menjabat Perdana Menteri pada 2006.

Delegasi berjumlah sekitar 200 orang itu  atau disebut sebagai rombongan lawatan resmi ke luar negeri terbesar meliputi enam menteri kabinet, anggota parlemen, diplomat para pengusaha  serta pimpinan-pimpinan kelompok komunitas Yahudi dan organisasi non-pemerintah lainnya, media Israel The Global Jewish News Source  yang dikutip MINA (Mi’raj Islamic News Agency) melaporkan, Senin.

Sejauh berita ini diturunkan belum ada laporan terkait agenda kunjungan tersebut.

Menteri Luar Negeri Israel Avigdor Liberman menyambut Stephen Harper dan istrinya Laureen yang dijadwalkan akan berada di daerah itu selama empat hari.

Dalam kunjungan pertamanya  ke daerah Palestina yang diklaim Israel, Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu menyambut dan memuji Harper atas dukungan setianya terhadap usaha mendirikan “negara Israel”.

“Kanada adalah teman setia Israel. Di bawah kepemimpinan Stephen Harper,  Kanada mengambil sikap yang teguh terhadap upaya  mensahkan ‘kehadiran negara Israel’,” kata Netanyahu pada Ahad (19/1) dalam rapat kabinet Israel mingguan.

Sekitar 30 pemimpin bisnis dan masyarakat  menggunakan pesawat dinas Harper, dan selain mereka akan terbang dengan menggunakan pesawat komersial. Sebagian besar akan tinggal di hotel  yang dibayar oleh pemerintah, tambah media itu.

“Mereka adalah delegasi yang  berarti dan  kunjungan ini adalah perjalanan yang penting, salah satu  kunjungan yang  menghasilkan banyak kepentingan ,” kata Jason MacDonald, direktur komunikasi Harper, pada sebuah konferensi pers Jumat.(T/P03/E02)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply