KETUA SENAT AS CEGAH SANKSI IRAN

Washington , 12 Rabiul Awal 1435 / 14 Januari 2014 ( MINA ) – Pemimpin Senat Amerika Serikat (AS) , Harry Reid menyatakan, dalam pemungutan suara, Senat tidak akan mendukung pemerintah jika tetap menjatuhkan sanksi kepada Iran.

Reid menglkaim dirinya sudah mendapat dukungan lebih dari 60 senator lainnya di Partai Demokrat. “Kami tidak akan mendukung rencana Obama mengenakan sanksi dan memboikot kesepakatan Jenewa atas Iran,” katanya seperti dilaporkan oleh Press TV yang dikutip Mi’raj News (MINA), Selasa.

Sebelumnya, Presiden Obama mendesak partainya (Demokrat) untuk tidak meloloskan rancangan undang-undang mengenai pemboikotan terhadap Iran. Ia menyatakan, RUU itu akan menutup pintu diplomasi AS dan Iran dan berpotensi mengancam perdamaian dunia.

Ia mengancam akan memveto setiap undang-undang yang mendorong untuk sanksi lebih lanjut terhadap Iran saat perundingan mengenai program nuklir Iran  masih berlangsung. Obama memperingatkan bahwa RUU Senat bisa menutup pintu diplomasi . 

Jika senat berhasil (tidak meloloskan RUU itu) berarti AS telah membuat kemajuan yang konkret. Hal ini menunjukkan,  rakyat AS bekerja dengan baik dan berkomitmen pada kesepakatan jangka panjang yang lebih luas untuk perdamaian dunia,” kata Obama.

“Saya tidak punya maksud lain dalam hal ini.  Semuanya untuk kepentingan keamanan nasional AS dan perdamaian dunia. Sekaranglah saatnya kita menunjukkan kontribusi signifikan untuk mewujudkan perdamaian dunia melalui kesepakatan Jenewa,” tambahnya.

Berdasarkan perjanjian di Jenewa November 2013, negara-negara yang tergabung dalam P5 +1 (AS, Russia, China, Perancis, Inggris and Jerman)  sepakat memberi ijin kepada Iran untuk melakukan pengayaan program nuklirnya untuk tujuan perdamaian. Iran berjanji akan menggunakan nuklirnya untuk kepentingan sipil, bukan untuk tujuan militer.

Senat Amerika Serikat adalah salah satu dari dua bagian Kongres Amerika Serikat. Bagian lain dari Kongres adalah Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat (US House of Representatives).

Setiap negara bagian Amerika Serikat mempunyai dua orang senator yang mempunyai masa jabatan 6 tahun, dan dapat dipilih kembali tanpa batas. Karena Pemilu Senat AS diselenggarakan setiap dua tahun (setiap bulan November tahun genap).

Saat ini, Senat Amerika Serikat terdiri atas 100 senator (ada 50 negara bagian dan masing-masing negara bagian mengirim 2 senator).

Harry Mason Reid (lahir 2 Desember 1939) adalah Senator senior Amerika Serikat dari negara bagian Nevada.  Ia menjadi anggota Partai Demokrat AS sejak 1987 . Reid menjadi Pemimpin Senat sejak Januari 2007. Sebelumnya, Reid adalah seorang anggota DPRD AS di distrik Nevada dan sebagai pengacara kota Henderson. (T/P04/E02/mirajnews.com )

Mi’raj Islamic News Agency ( MINA )

 

 

Rate this article!

Leave a Reply