LPPOM MUI GELAR OLIMPIADE HALAL ANTAR SMU SE-INDONESIA

 

 

Bogor, 21 Rabi’ul Awwal 2014/23 Januari 2014 (MINA) – Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) menyelenggarakan Olimpiade Halal  bagi siswa SMU/sederajat  tingkat nasional dalam rangkaian acara untuk memperingati miladnya ke-25.

Menurut situs resmi LPPOM MUI yang dipantau Mi’raj Islamic News Agency (MINA), kompetisi untuk generasi muda itu dilaksanakan pada tanggal 17 Februari hingga 24 Maret 2014.

Olimpiade Halal yang bertema “Halal is My Life” itu bertujuan untuk membentuk generasi yang sehat, cerdas dan berakhlak mulia.

Dengan penerapan gaya hidup halal di segala aspek kehidupan oleh generasi muda, diharapkan ke depan akan lahir pemimpin-pemimpin bangsa yang dapat diandalkan untuk kemajuan dan kesejahteraan bangsa.

Ajang ini dilaksanakan juga dalam rangka sosialisasi halal kepada generasi muda khususnya siswa SMU/sederajat agar senantiasa memperhatikan dan menerapkan gaya hidup halal dalam kehidupan sehari-hari.

Agar pelaksanaan Olimpiade Halal dapat berjalan lebih efektif dan efisien serta dapat menjangkau seluruh  provinsi di Indonesia, maka pelaksanaannya menggunakan sistem  online.

Pelaksanaan babak penyisihan terbagi dalam empat wilayah, yaitu Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi, Jawa, dan Bali bersama wilayah bagian timur lainnya.

Masing-masing provinsi akan mengambil satu pemenang untuk ke babak final. Namun bagi yang tidak masuk ke final tapi dinyatakan lulus, maka mereka akan diberi sertifikat kelulusan.

Final akan diadakan secara serentak dengan dua metode, yaitu mengerjakan soal-soal di LPPOM MUI provinsi masing-masing dan dengan penugasan membuat artikel dengan tema “Halal is My Life”.

Pada tanggal 11 Januari, LPPOM MUI juga meresmikan Gedung Global Halal Center (Pusat Halal Dunia) di Bogor, sebagai pusat kegiatan yang berkaitan dengan produk halal dan untuk menjadikan Indonesia sebagai Pusat Halal Dunia.

Peresmian gedung dilakukan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia Hatta Rajasa.

Menko Ekonomi Hatta Rajasa atas nama pemerintah Indonesia sebelumnya telah menandatangani Piagam Penetapan Indonesia sebagai Pusat Halal Dunia pada tanggal tersebut. (T/P09).

Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

 

 

 

Leave a Reply