MTQN KE-25 DIGELAR JUNI 2014 DI KEPULAUAN RIAU

Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali (kanan) saat menerima kunjungan Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Muhammad Sani (kiri) berserta Panitia MTQ Nasional Kepri di Jakarta, Rabu (08/01). (Foto: Kemenag)

Jakarta, 8 Rabi’ul Awwal 1435/10 Januari 2014 (MINA) – Menteri Agama Suryadharma Ali menetapkan Musabaqah Tilawatil Quran Tingkat Nasional (MTQN) ke-25 digelar di Batam, Kepulauan Riau, pada 6 sampai 15 Juni 2014.

“Menteri Agama Suryadharma Ali sudah menyetujui pelaksanaan MTQN ke-25 di Batam Kepulauan Riau akan dilaksanakan pada 6-15 Juni 2014,” terang Direktur Penerangan Agama Islam, Euis Sri Mulyani melalui pesan singkat kepada Pinmas, Jakarta, Kamis (09/01).

Menurut Euis, persetujuan itu disampaikan Menag ketika menerima kunjungan Gubernur Kepulauan Riau Muhammad Sani beserta Panitia MTQ Nasional Kepulauan Riau (Kepri) Guntur di Jakarta, Rabu (08/01).

Didampingi Dirjen Bimas Islam Abdul Djamil, Menag menyambut baik kesiapan Provinsi Kepulauan Riau untuk menjadi tuan rumah MTQN yang ke-25. Menag berharap acara dua tahunan itu bisa berjalan sukses seperti penyelenggaraan MTQN sebelumnya di Ambon.

Senada dengan Menag, Gubernur Kepri berharap pelaksanaan MTQ Nasional 2014 juga mampu menunjukkan kehidupan beragama di Batam berjalan sangat baik dengan masyarakat yang heterogen.

“MTQ Nasional di Batam diharapkan juga mampu meningkatkan pembinaan kepada generasi muda agar gemar membaca Al-Quran selain menumbuhkembangkan ekonomi kerakyatan,” kata Sani sebagaimana dilaporkan laman resmi Kemenag yang diberitakan Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Persiapan sudah 70 Persen

Selanjutnya, kepastian jadwal pelaksanaan MTQ Nasional akan dituangkan dalam Surat Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia. 

MTQN ke-25 di Batam, Kepulauan Riau tersebut dijadwalkan akan dibuka oleh Presiden RI Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY). “Surat permohonan resmi akan segera disampaikan ke Istana Negara untuk memastikan kesediaan Presiden SBY membuka MTQN di Kepulauan Riau,” terang Euis.

Dalam kesempatan kunjungan kerja ke Menteri Agama tersebut, Gubernur Kepri Muhammad Sani memaparkan kemajuan persiapan yang sudah dilakukan panitia daerah di Batam.

Menurutnya, sampai dengan saat ini persiapan terus berjalan, terutama pembangunan astaka MTQ dan fasilitas pendukung lainnya. Dilaporkan juga bahwa sampai saat ini, persiapan sudah mencapai 70 persen, terutama pembangunan astaka MTQ.

Seperti yang diinginkan Gubernur, konsep pembangunan astaka dilokasi ini mencontoh kubah masjid nabawi yang dipadukan dengan beberapa ornamen melayu. Sehingga kemelayuannya akan tetap menonjol dalam pelaksanaaan nanti.

Sebagaimana diketahui, MTQN ke-24 Ambon berjalan sukses berkat kerjasama seluruh pihak terkait. Bahkan, MTQN Ambon menjadi cermin kualitas kerukunan  umat beragama di Indonesia yang sangat baik disebabkan sinergi yang ditunjukan oleh para tokoh dan umat beragama di Ambon.

Bahkan, ada rombongan kafilah yang menginap di bangunan Keuskupan. Tidak hanya umat Muslim, tapi umat agama lain bahu-membahu ikut berpartisipasi dalam penyelenggaraan MTQN di Ambon. (T/P02/E1/mirajnews.com)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Leave a Reply