MUI LAMPUNG HIMBAU PERUSAHAAN DAN RESTORAN AGAR PUNYA SERTIFIKAT HALAL

Bandar Lampung, 20  Rabiul Awwal 1435/23 Januari 2014 (MINA) – Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Lampung Drs. Mawardi.AS, menghimbau perusahaan dan restoran di Indonesia agar memiliki sertifikat halal.

“Perusahaan dan restoran di Indonesia ini ikuti aturan lah ( bersertifikat halal-red), supaya masyarakat tenang, selamat dari makanan dan minuman haram, “ kata Mawardi saat ditemui Miraj News Agency (MINA) di Bandar Lampung, Kamis, (23/01).

Mawardi juga mengatakan, memiliki sertifikat halal ini merupakan kewajiban produsen.

” Syukur kalau produsen menyadari pentingnya sertifikasi halal ini, tapi sudah ada ketentuan agar perusahaan dan restoran mengikuti ketentuan wajib bersertifikat halal, ” kata Mawardi.

Mawardi juga mengatakan, MUI sebagai penyelamat umat dari barang-barang haram, karena tugas utama Ulama, memberikan informasi serta menyampaikan ketetapan hukum Islam pada setiap aspek kehidupan termasuk makanan dan minuman yang halal untuk dikonsumsi.

MUI Lampung juga bekerjasama dengan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) untuk menyajikan makanan bersertifikasi halal di restoran dan hotel.

“MUI Lampung juga mengadakan MoU dengan PHRI agar makanan di hotel dan restoran itu bersertifikasi halal, “ kata Mawardi.

Mawardi menyayangkan inisiatif pemerintah mendirikan lembaga baru untuk mengurusi sertifikasi halal ini.

“ Apalagi yang diragukan pemerintah dari MUI, sudah serahkan saja pada MUI, selama ini kan MUI yang mengurus masalah sertifikasi, “ kata Mawardi. “ Masyarakat kan tahunya label halal itu dari MUI, khawatirnya akan menimbulkan keraguan lagi jika banyak macam label halal, “.(L/K01/P4/E01)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Leave a Reply