PASOKAN BANTUAN UNTUK KAMP YARMOUK SIAP MASUK

Damaskus, 13 Rabi’ul Awwal 1435/15 Januari 2014 (MINA) – Pejabat delegasi Palestina untuk Suriah mengatakan dalam konferensi pers di Suriah, pasokan bantuan bahan kebutuhan pokok untuk para pengungsi di kamp Yarmouk yang terisolasi dalam pengepungan, siap untuk dikirim.

“Kami telah berkoordinasi dengan pihak berwenang di Suriah untuk memecahkan masalah ini dan melucuti kelompok bersenjata di sekitar kamp-kamp agar lingkungannya kembali aman,” kata Anggota komite eksekutif PLO Palestina, Ahmad al-Majdalani seperti dilaporkan Ahram Online yang dikutip Mi’raj News (MINA), Rabu.

Rencananya, pasien anak-anak dan orang tua akan dievakuasi melalui rute yang aman. Namun konvoi menjadi target penembakan saat mencapai 100 meter dari titik pertemuan.

Menurut al-Majdalani, sumber penembakan berasal dari wilayah yang dikuasai oleh kelompok oposisi.

Majdalani mengatakan pula, orang-orang dari kamp pengungsi Yarmouk tidak akan digunakan sebagai “tameng manusia” dalam konflik bersenjata di Suriah.

Sekitar 300.000 pengungsi Palestina telah meninggalkan kamp mereka, termasuk 100.000 yang meninggalkan Suriah sejak awal konflik. Sementara 600 pengungsi tenggelam ketika mencoba melarikan diri melalui laut.

Setelah kelompok oposisi menguasai Yarmouk pada Desember 2012, kamp menjadi ajang pertempuran dansaat ini  berada di bawah serangan rezim Suriah.

Pasukan rezim akhirnya mengepung kamp pada bulan Juli sehingga kondisi hidup para pengungsi Palestina merosot tajam.

Konflik Suriah yang dimulai dengan aksi-aksi protes damai pada Maret 2011, berkembang menjadi perang saudara, dan sejauh ini telah menewaskan lebih 130.000 orang dan memaksa jutaan orang mengungsi meninggalkan rumah mereka. (T/P09/E02/Mi’raj News).

Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

 

 

 

Leave a Reply