PEMERINTAH MESIR PINJAM TIGA MILIAR DOLAR DALAM SATU MINGGU

Kairo, 15 Rabi’ul Awwal 1435/17 Januari 2014 (MINA) – Laporan Departemen Keuangan Mesir menunjukkan pemerintah meminjam sekitar 21 miliar pound Mesir (setara dengan tiga miliar Dolar) kepada bank lokal dalam seminggu terakhir ini  untuk kebutuhan anggaran dalam negeri.

Menurut laporan yang dipublikasikan di situs kementerian keuangan, pemerintah mengeluarkan pernyataan pada Kamis tagihan mencapai 6,5 miliar pound Mesir (hampir 1 miliar Dolar), terdiri dari tagihan senilai 2,5 miliar pound selama 182 hari dan empat miliar pound untuk 364 hari, Middle East Monitor (MEMO) yang dikutip MINA (Mi’raj Islamic News Agency) melaporkan.

Minggu lalu, kementerian memberitahukan tagihan keuangan dalam mata uang dolar pertama pada 2014. Tagihan jangka pendek senilai tujuh miliar pound Mesir (satu miliar dolar). Pemerintah juga melaporkan menjual surat obligasi pada Senin hampir 1 miliar dolar.

Menurut pengumuman pinjaman dalam negeri Departemen Keuangan, pemerintah berencana meminjam 64 miliar pound Mesir pada Januari untuk membiayai defisit anggaran negara.

Pemerintah mengandalkan pasar uang lokal untuk membiayai utang publik, namun kemampuan bank lokal meminjamkan pound Mesir kepada pemerinah telah melewati batasnya.(T/P03/E1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Leave a Reply