PEMKOT KYOTO LUNCURKAN SITUS WEB BAGI WISATAWAN MUSLIM

Kyoto, 7 Rabi’ul Awwal 1435/9 Januari 2014 (MINA) – Semakin banyaknya wisatawan dari kawasan Asia Tenggara, khususnya Muslim yang berwisata ke Jepang, mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) Kyoto meluncurkan situs web “Muslim Friendly Kyoto”, bekerjasama dengan Kyoto Muslim Association (KMA).

Situs web itu memaparkan sejumlah informasi yang memudahkan para wisatawan Muslim menemukan tempat atau lokasi yang dapat didatangi di Kyoto, termasuk restoran dengan sertifikasi halal dari KMA atau hotel yang ramah bagi para Muslim, serta lokasi masjid terdekat.

Untuk sementara, terdapat empat bahasa yang dapat dipilih, yakni Bahasa Inggris, Arab, Turki dan Melayu, sehingga memudahkan para wisatawan untuk mengakses situs web “Muslim Friendly Kyoto” dengan alamat web http://kyoto.travel/muslim/.

“Kami harap situs web ini dapat membantu para wisatawan Muslim untuk lebih mengenal dan tertarik mengunjungi Kyoto, karena selama ini belum ada situs web yang memberikan informasi bagi para wisatawan Muslim,” ujar Akahoshi Shuhei, Managing Director of Tourism Promotion Kyoto, lapor Halo Jepang sebagaimana dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Kamis.

Akahoshi menambahkan situs web itu merupakan proyek pertama antara Pemkot Kyoto dengan KMA, dan diharapkan berjalan dengan sukses dan dapat menjadi pelopor untuk prefektur atau kota lainnya di Jepang.

Sementara KMA menyatakan dalam pesan di web “Muslim Friendly Kyoto”, KMA sangat menyambut baik inisiatif Pemkot Kyoto untuk mempromosikan fasilitas bagi pengunjung Muslim. KMA menyatakan akan menyediakan lebih banyak lagi makanan halal dan mengurangi elemenelemen haram.

Komunitas muslim di Jepang yang berdiri sejak 1987 itu berharap dapat membantu wisatawan Muslim sehingga mereka dapat menikmati perjalanan mereka ke Kyoto dengan aman dan nyaman.

Langkah Pemkot Kyoto meluncurkan situs web bagi wisatawan Muslim itu menyusul langkah pemerintah Jepang yang berusaha meningkatkan layanan terhadap wisatawan yang datang dari negeri-negeri Muslim.

Nikkei Asian Review pada Ahad (22/12) melaporkan beberapa peningkatan layanan itu seperti mempermudah pengurusan visa, restoran makanan halal, dan menyediakan ruang ibadah di bandara internasional. (T/P02/E1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Leave a Reply