PEMUKIM ISRAEL SERANG KOMPLEKS MASJID AL-AQHSA

Yerusalem, 15 Rabi’ul Awwal 1435/18 Januari 2014 (MINA) – Sejumlah pemukim Israel telah berulang kali menyerbu kompleks Masjid Al-Aqsha selama dua hari terakhir, mereka bahkan  nekat menaiki Kubah Masjidil Aqsha.

Middle East Media Monitor (MEMO) yang dikutip Mi’raj News , Sabtu melaporkan, para pemukim Israel yang dipimpin Rabbi Yehuda Glick, ditemani seorang wartawan, membawa kamera untuk mendokumentasikan serangan itu, sementara pemukim Israel lainnya dilaporkan terlibat dalam pertengkaran dengan jamaah Masjidil Aqsha, hingga menimbulkan kemarahan mereka.

Saksi mata melaporkan, Rabbi Glick kembali menyerang Masjidil Aqsa dua kali pada hari Jumat, bergabung dengan kelompok pemukim Yahudi.

Para pemukim Yahudi sering kali melancarkan serangan terhadap masjidil Aqsha secara terencana. Mereka juga sering  melakukan tur di sekitar Gerbang Mughrabi dan kemudian ke Al- Marwani Masjid, Rahma Gate, Al – Asbat, Gerbang Raja Faisal Gerbang sampai Gerbang Alqtanin, kemudian keluar dari Al – Selselah Gate.

Dalam insiden kali ini, untuk pertama kalinya para pemukim Yahudi naik Kubah Masjiddil Aqsa. Direktur Jenderal Wakaf Muslim dan Masjidil Aqsa, Sheikh Azzam Al – Khatib, mengutuk penyerangan tersebut, dan menggambarkannya sebagai langkah provokatif yang berbahaya.

Sementara itu, Komite Islam-Kristen untuk mendukung Yerusalem dan tempat-tempat suci mengeluarkan pernyataan pers yang menegaskan bahwa peristiwa tersebut merupakan tindakan kejahatan “Pelanggaran hukum internasional mencolok di  tempat-tempat ibadah umat Islam dan menunjukkan ambisi otoritas penjajah Israel menjadikan Masjidil Aqsha sebagai rumah ibadah bagi orang-orang Yahudi.

Laporan terkait, pasukan pendudukan Israel menangkap tiga pemuda Palestina dari dalam kompleks Masjidil Aqsha pada Kamis lalu dan membawa mereka ke kantor polisi di Yerusalem. (T/P012/E02/Mi’raj News)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Leave a Reply