PERDANA MENTERI TURKI KUNJUNGI MALAYSIA

Kuala Lumpur, 8 Rabi’ul Awwal 1435/10 Januari 2014 (MINA) – Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan, Jumat (10/1), melakukan kunjungan resmi ke Malaysia untuk memenuhi undangan Perdana Menteri Malaysia Dato’ Sri Najib Tun Razak.

Kunjungan Erdogan ke Malaysia bertepatan dengan peringatan 50 tahun pembentukan hubungan diplomatik antara Malaysia dan Republik Turki pada tahun 1964.

Erdogan yang tiba Kamis malam (9/1) dengan menaiki pesawat Turkey Airlines didampingi oleh istri, Emine Erdogan, dan beberapa menteri kabinetnya, mencakup wakil perdana menteri, menteri urusan Uni Eropa, menteri ekonomi, menteri lingkungan dan energi serta menteri pemuda dan olahraga.

Kunjungan Erdogan tersebut bertujuan untuk memperat hubungan bilateral kedua negara yang telah lama terjalin, demikian menurut laporan Koresponden Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Dudin Shobaruddin dari Kuala Lumpur.

Perdana Menteri Turki, dalam kunjungannya itu, telah menandatangani Perjanjian Perdagangan Bebas (FTA) antara kedua negara, sehingga diharapkan akan lebih meningkatkan jumlah nilai ekspor dan impor antara kedua negara sehingga mencapai 5 triliun dolar Amerika Serikat (AS) pada waktu lima tahun mendatang.

Pada tahun lalu seperti yang dikutip Bernama, jumlah perdagangan antara kedua negara antara Januari sampai November tahun lalu mencapai 996,3 juta dolar AS. Nilai ekspor Malaysia ke Turki berhasil menembus 814.8 juta dolar AS, sedangkannilai impor dari Turki ke Malaysia mencapai 181,5 juta dolar AS.

Menteri Perdagangan Internasional dan Industri Malaysia Dato Seri Mustapa Muhamed turut meyakini akan tercapainya hubungan bilateral antara ke dua negara itu.

Di sela-sela kunjungan itu, PM Erdogan diberi gelar Doktor Kehormatan di bidang Manajemen dari Universitas Islam Antarbangsa Malaysia (UIAM)  sebagai penghormatan atas sumbangsihnya terhadap perkembangan umat Islam sedunia.  Sebagaimana beliau turut disegani di kalangan negara Islam seperti Malaysia, Indonesia, Suriah, dan Palestina.

kunjungan ke Malaysia adalah bagian dari tur Asia Erdogan, termasuk berkunjung ke Jepang dan Singapura. (T/K2/P02/E1)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Leave a Reply