AKSI SOLIDARITAS UNTUK PENGUNGSI PALESTINA KORBAN KONFLIK SURIAH

Gaza, 5 Rabi-ul Awwal 1435/7 Januari 2013 (MINA) –  Puluhan pemuda Palestina di Gaza menggelar aksi duduk dan mogok makan di depan kantor pusat Komite Palang Merah Internasional sebagai bentuk solidaritas terhadap pengungsi Palestina akibat konflik Suriah.

Dalam aksinya pendemo membawa peti mati yang bertuliskan nama anak-anak yang meninggal karena kelaparan dan pengeboman di Suriah. Demikian Alresalah mengabarkan yang dikutip Mi’raj News Agency (MINA), Selasa.

Seorang juru bicara Kelompok Pemuda Palestina, Mustafa Matar mengatakan : “Kami ingin mengatakan kepada keluarga kami yang ada di Suriah bahwa kami datang untuk Anda. Kami melakukan solidaritas untuk mendukung Anda”

Dia meminta Pemerintah Suriah dan Palestina jangan hanya mengecam tapi hidupkan hati nurani untuk menolong mereka.

Dia juga mengajak pemuda-pemuda  Palestina lainnya bergabung dalam  melakukan aksi-aksi berikutnya berapa hari mendatang untuk penggalangan dana guna membantu warga-warga Palestina yang terkepung di Suriah.

Juru bicara Hamas Sami Abu Zuhri, yang menghadiri aksi tersebut, menekankan perlunya segera melepaskan para pengungsi Palestina dari perang di Suriah.

“Mereka hanya tamu, bukan bagian dari konflik di sana,” katanya.

Alray melaporkan, sebanyak 235.000 warga Palestina telah menjadi pengungsi di Suriah yang dilanda konflik, sedangkan dan 60.000 warga Palestina lainnya bersama 2,2 juta warga Suriah, telah melarikan diri dari negara tersebut pada Oktober 2013, sebagai akibat dari perang sipil Suriah. (Rahmi/IR)

Leave a Reply