ERDOGAN TIBA DI JAKARTA HARI INI

(Foto: AA)

(Foto: AA)

Jakarta, 14 Syawwal 1436/30 Juli 2015 (MINA) – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dilaporkan tiba di Jakarta hari ini (30/7) untuk kunjungan kenegaraannya, kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu), Armanatha Nasir.

“Erdogan akan tiba di Jakarta hari ini untuk melakukan kunjungan kenegaraan. Besok, rencananya Erdogan akan menemui Presiden Jokowi di Istana Negara,” ujar Armanatha yang akrab disapa Tata kepada wartawan dalam Press Briefing rutin di Kemlu, Kamis (30/7).

Di samping pembahasan ekonomi, pemimpin Turki dikabarkan akan menggalang persatuan umat Muslim di Indonesia berkaitan dengan munculnya ektrimisme dalam tubuh Islam.

“Turki merupakan mitra strategis Indonesia. Kita memiliki hubungan ekonomi yang cukup baik dengan Turki. Dalam satu bulan ini media banyak membicarakan mengenai isu masalah adanya WNI yang coba menyeberang ke Suriah. Namun, hubungan Indonesia dan Turki lebih dari itu,” tambah Tata.

Sebelumnya, kabar mengenai akan berkunjungnya Erdogan muncul dalam beberapa laporan di media-media Turki. Dalam laporannya, media Turki seperti Hurriyet menyebut Erdogan akan melakukan tur ke beberapa negara besar Islam untuk menyuarakan persatuan antar negara Islam.

“Dia (Erdogan) mengungkapkan memiliki rencana kunjungan ke kekuasaan Muslim Asia, yakni Indonesia dan Malaysia dan juga akan mengujungi Arab Saudi,” jelas laporan media Turki seperti diberitakan Al Arabiya pada Kamis (9/4) lalu.

Kunjungan Presiden Turki ke Indonesia terakhir kali terjadi pada 2011 lalu. Presiden Turki saat itu, Abdullah Gul melakukan pertemuan dengan mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Merdeka, Jakarta.

Erdogan sempat melakukan kunjungan ke Indonesia pada 2006 lalu, untuk menghadiri Pertemuan Tingkat Tinggi D8 (kelompok delapan negara berkembang). Saat itu dirinya masih menjabat sebagai Perdana Menteri.

Indonesia dan Turki sendiri sejatinya bisa disebut sebagai kawan lama. Hubungan diplomatik terjadi pada 1950, atau enam tahun setelah Turki mengakui Indonesia sebagai negara yang berdaulat. (L/P007/R04)

Mi’raj islamic News Agency (MINA)

Tags:

Rate this article!

Related Posts

Leave a Reply