KEMENTERIAN AGAMA GELAR SIDANG ITSBAT TERTUTUP PENETAPAN 1 SYAWWAL 1436 H

Jakarta, 29 Ramadhan 1436/16 Juli 2015 (MINA) – Kementerian Agama akan menggelar Sidang Itsbat penetapan 1 Syawwal 1436 H pada Kamis (16/7) yang digelar tertutup di ruang Auditorium HM.Rasjidi, Gedung Kementerian Agama, Jakarta.

Kasubdit Hisab Rukyat, Ditjen Bimas Islam, Kementerian Agama, Nur Khazin mengatakan berdasarkan perhitungan posisi hilal pada Kamis (16/7) berada pada ketinggian 3 derajat.

“Itu sudah melebihi batas imkanur ru’yah, atau batas minimal kemungkinan terlihatnya hilal,” kata Nur Khazin, sebagaimana Siaran pers resmi Kemenag yang diterima Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Kamis.

Nur Khazin mengimbau kepada umat Islam di Indonesia agar tetap menjalankan ibadah puasa dengan tenang dan tidak terpengaruh oleh isu-isu perbedaan yang mungkin muncul menjelang pelaksanaan Sidang Itsbat.

“Saya sampaikan agar kita semua menunggu hasil Sidang Itsbat yang keputusannya akan ditetapkan oleh Menteri Agama. Masyarakat silakan tetap beribadah dengan tenang dan jangan terganggu oleh isu-isu yang meresahkan,” tutur pakar ilmu falak tersebut.

Sidang Itsbat yang digelar Kemenag tersebut akan dihadiri 150 orang perwakilan Ormas Islam seluruh Indonesia. Ketetapan Menteri Agama akan menunggu laporan dari 120 titik pengamatan hilal di seluruh Indonesia. (T/P010/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Tags:

Related Posts

Leave a Reply