LIGA ARAB AKAN BAHAS SERANGAN ISRAEL KE AL-AQSHA

(Foto: Al-Arabiya)

(Foto: Al-Arabiya)

Kairo, 12 Syawwal 1436/28 Juli 2015 (MINA) – Seorang pejabat senior Palestina mengatakan, Menteri Luar Negeri negara-negara di kawasan Arab akan bertemu di Kairo awal bulan depan untuk membahas serangan Israel di kompleks Masjid Al-Aqsha di Al-Quds.

“Menteri luar negeri dari 15 negara-negara Arab akan bertemu pada tanggal 5 Agustus untuk membahas apa yang disebut ‘eskalasi berbahaya’ di Al-Quds,” demikian Kepala Tim Perunding Palestina, Saeb Erekat saat bertemu Ketua Liga Arab, Nabil Al-Arabi di Kairo, Senin (27/7) kemarin.

Insiden pada Ahad (26/7) lalu di mana polisi Israel beserta pemukim ilegal Yahudi menyerbu Masjid Al-Aqsha, salah satu situs suci umat Islam, yang kemudian diikuti betrokan dengan warga Palestina, demikian Al-Arabiya dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA) melaporkan.

Lebih lanjut, Erekat mengatakan, para menteri luar negeri akan membahas peningkatan aksi Israel di Al-Aqsha, pembangunan pemukiman ilegal Yahudi yang terus dilakukan, penangkapan besar-besaran dan pembunuhan serta memaksa perpindahan warga Palestina dari tanah airnya sendiri.

“Pertemuan itu dimediasi oleh Presiden Palestina, Mahmoud Abbas,” ujarnya.

Sebanyak 15 menteri mewakili negara-negara Arab tergabung dalam Inisiatif Perdamaian Arab 2002 yang menyerukan penarikan mundur Israel dari seluruh wilayah Palestina sebagai imbalan untuk normalisasi hubungan penuh dengan dunia Arab.

Sebelumnya, pembicaraan damai antara Israel-Palestina yang diupayakan oleh AS pada April tahun lalu gagal, yang berakhir dengan adanya agresi Israel di Jalur Gaza musim panas lalu, yang menewaskan sekitar 2.200 warga Palestina.

“Pertemuan juga akan membahas upaya rekonsiliasi internal Palestina dan upaya baru negara-negara Arab untuk mengakhiri pendudukan Israel melalui PBB,” kata Erakat. (T/P011/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Tags:

Related Posts

Leave a Reply