MTQM XIV DIIKUTI 1.863 MAHASISWA DARI 167 PERGURUAN TINGGI

Direktur Kemahasiswaan UI sekaligus Ketua Panitia Pelaksana MTQM Nasional XIV, Arman Nefi. (Foto: MINA)

Direktur Kemahasiswaan UI sekaligus Ketua Panitia Pelaksana MTQM Nasional XIV, Arman Nefi. (Foto: MINA)

Depok, 11 Syawwal 1436/27 Juli 2015 (MINA) – Musabaqah Tilawatil Qur’an Mahasiswa (MTQM) Nasional ke XIV akan diselenggarakan pada 1 – 8 Agustus yang akan melombakan 13 jenis musabaqah.

“Diantaranya adalah debat pengetahuan Al-Quran dalam Bahasa Inggris, Musabaqah Tilawatil Quran, Musabaqah Tartilil Quran, Musabaqah Qira’at Sab’ah, Musabaqah Hifzhil Quran untuk 1 Juz, 5 Juz hingga 10 Juz dan Musabaqah Khaththil Quran,” demikian Direktur Kemahasiswaan Universitas Indonesia (UI) sekaligus Ketua Panitia Pelaksana MTQM Nasional XIV, Arman Nefi saat Konferensi Pers di Universitas Indonesia (UI), Depok, Senin (27/7) siang.

“Melalui acara ini, diharapkan para mahasiswa semakin mendekatkan diri kepada Al-Qur’an di samping memiliki basis keilmuan umum lainnya. Jadi, ilmu umum apapun yang dipelajari oleh mahasiswa memiliki landasan di dalam Alquran,” imbuhnya.

Adapun cabang lomba yang tergolong baru diperlombakan adalah lomba desain aplikasi Al-Quran berbasis komputer.

MTQMN XIV UI akan melibatkan 105 anggota dewan hakim dan panitia yang kapabilitasnya telah teruji.

Sampai saat ini, menurut data yang dihimpun Mi’raj Islamic News Agency (MINA), ada 1.863 mahasiswa yang sudah mendaftar dari 167 Perguruan Tinggi di Indonesia yang akan berpartisipasi dalam lomba MTQM Nasional XIV.

Diantara perguruan tinggi yang berpartisipasi antara lain, Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Syiah Kuala, Universitas Tadulako, Universitas Negeri Papua, dan Universitas Bina Nusantara.

Di lain pihak, Kepala Kantor Hubungan Masyarakat (Humas) dan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) UI, Rifelly Dewi Astuti, M.M beberapa waktu lalu mengungkapkan, kegiatan ini diselenggarakan atas kerjasama dengan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi dalam sekali dua tahun.

“Kegiatan ini merupakan ajang bergengsi di tingkat nasional bagi UI yang diselenggarakan oleh Kemenristek Ristek dan Dikti. Adapun pesertanya diprediksi jauh lebih banyak dari sebelumnya dan terdiri dari kampus-kampus umum (tidak berbasis agama), baik negeri maupun swasta,” ujarnya.

Rencananya, lanjut Rifelly, seluruh peserta akan mulai berdatangan ke Kampus UI Depok sejak 30 Juli 2015 mendatang. “Adapun tujuan umumnya ialah mensyiarkan Al-Quran di Kampus UI Depok dan Indonesia pada umumnya serta memperkuat ukhuwah Islamiyah antar sesama peserta dan mahasiswa,” tandas Rifelly. (L/P011/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Tags:

Related Posts

Leave a Reply